Dunia Proyek-Kontraktor-Subcont dan Owner


Sebenarnya masih terlalu dini dan sedikit ilmu kalau saya berbicara tentang proyek. Tetapi di perusahaan sedikit banyak saya berhubungan dengan hal tersebut. Sehingga mau gak mau saya terlibat langsung dalam proyek menangani installing carpet, plastic and steel raised floor and the accessories ( istilah kerenya pembangunan smart office ), sebagai sub cont dari main kontraktor yang memegang proyek tersebut. Nah inti dari tulisan ini saya hanya akan bercerita sedikit kisah suka dan duka dari proyek yang saya jalani. Untuk mempermudah kita menelaah pengertian sebaiknya ke-empat istilah dalam judul tersebut diatas saya urai secara singkat.

1. Owner : adalah orang atau perusahaan berbadan hukum baik swasta maupun pemerintah (CV, PT, PO, Firma, Departemen pemerintah) yang mempunyai proyek / pekerjaan untuk diberikan kepada kontraktor.

2. Proyek : adalah pekerjaan yang diberikan owner kepada kontraktor. Semisal pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan pabrik, pembangunan gedung, renovasi kantor, renovasi gedung dll. Kalau proyek yang saya jalankan dari perusahaan kebanyakan adalah renovasi kantor dari konvensional ke smart office. Karena produk utama perusahan saya adalah Raised floor.

3. Kontraktor : adalah perusahaan yang mengerjakan proyek. Dalam dunia kontraktor dikenal istilah main contractor dan sub cont. Main contractor adalah kontraktor utama yang mengendalikan seluruh pekerjaan dan mengatur schedule proyek dan bertanggung jawab langsung kepada owner. Sedangkan sub cont adalah kontraktor-kontraktor baik skala besar maupun kecil dibawah naungan main kontraktor. Adanya main contractor dan cub con hal ini dimaksudkan bahwa tidak semua pekerjaan proyek dapat dikerjakan oleh main kontraktor. Misal : proyek pembangunan sebuah gedung. Main kontraktor hanya punya divisi sipil dan electric misalnya. Sedangkan masih ada pekerjaan finishing seperti, painting, wall paper, raised floor, furniture, design interior, dan kabel data. Ke-enam bidang pekerjaan ini main contractor tidak bisa menangani langsung pekerjaan tersebut sehingga dicarilah kontraktor lain yang bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dibawah pengawasan main contractor.

4. Sub cont : adalah kontraktor-kontraktor baik skala besar maupun kecil dibawah naungan main kontraktor. Jadwal kerja dan intruksi, sub con selalu mengikuti main kontraktc. Sub cont ada yang dibawah main contractor aya yang dibawah langsung owner. Yang dibawah langsung owner biasanya nego harga biaya proyek lebih rendah dari yang ditawarkan main kontraktor. Misalnya untuk pekerjaan wall paper owner nyari sendiri.

Beberapa hal yang menyenangkan di dunia proyek :

1. Mendapatkan tempat, situasi dan kota yang baru. Hal ini dikarenakan tempat proyek berpindah-pindah sesuai dengan lokasi owner yang memberi proyek.

2. Mendapatkan teman dan kolega bisnis baru. Hal ini dikarenakan setiap owner akan berbeda dalam memilih kontraktor. Disitulah kita bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang kontraktor. Biasanya kalau lokasi, kota, gedung atau main kontraktor sama orang yang kita temui relative sama. Hal ini menyebabkan pelaku proyek mudah beradabtasi dan berkomunikasi.

3. Mendapat tantangan baru dalam mengasah kemampuan berfikir. Hal ini disebabkan setiap lokasi proyek mempunyai tantangan, kendala dan masalah yang berbeda-beda. Disitulah kita tertantang mengaplikasikan ilmu dan kemampuan berfikir kita.

4. Kalau anda ulet, berjiwa pebisnis wiraswasta dan beruntung anda bisa membangun dan mengembangkan perusahaan kontraktor dan kontruksi karena bertemu banyak orang dan banyak kontraktor. Lebih beruntung kalau waktu proyek agak lama bisa-bisa anda nyandung lagi ngelihat perempuan menggoda…heheh….

5. Fulus dan bonus yang menggoda…..hihihi…ngandelin OT mana ada bonus bro?, yach..kali aja bro ada bonus kagetan dari emboss…

Beberapa hal yang kurang menyenangkan di dunia proyek :

1. Bekerja larut malam bahkan bisa 24 jam non stop jika waktu pengerjaan dirasa sudah mepet dan mendekati dead line. Apalagi instalasi smart office yang waktunya cuma 2 hari sabtu minggu dan senin kantor harus siap beroperasi lagi???…praktis jumat malam sampai minggu malam pekerjaan non stop tanpa henti bro, beruntung biasanya tim dibagi 2 shift.

2. Menyita tenaga dan energy yang relative besar. Apalagi kalau anda adalah pekerja full lapangan. Keringat bisa mengucur dengan deras membasahi seluruh pakaian anda. Jika anda pimpinan dengan sistem yang bagus anda akan bisa mencurahkan fikiran untuk proyek tanpa diganggu banyak pekerjaan otot yang melelahkan. Kalau ane masih dibilang fifty-fifty antara tenaga dan fikiran, jadi yach masih banyak keluar otot…

3. Untuk melancarkan proyek perlu sogok sana sogok sini kalau nggak ada ini alamat pasti direcokin ya security, ya mandor proyek, ya pengawas dari owner dll. Yang paling sering adalah saat kedatangan material proyek, transfer material dengan lift di gedung, untuk keamanan material dan tool di proyek, dan ada lagi mandor proyek dari main contractor.

4. Pulang pergi dengan mobil yang jaraknya nya 2 jam perjalanan lebih membuat stamina terkuras. Makanya kalau nggak pintar-pintar memelihara kesehatan dan istirahat yang cukup biasanya pekerja proyek cepet tumbang alias jatuh sakit ada juga yang mencret2 kalau baru pertama atau awal-awal kerja proyek.

5. Nah…yang ini hal special yang tidak menyenangkan di PT Gondal-gandul tentang proyek, struktur organisasi, jobdesk personil proyek, kompensasi, insentif dan bonus yang nggak jelas, under presseure, UM dipermasalahkan, lembur dimasalahkan, angkutan bermasalah, semua diungkat-ungkit dan praktis tim proyek hanya makan OT. Bersyukurlah sy dan tim proyek selalu dapat menyelesaikan proyek dengan tepat waktu bahkan bisa maju atau save waktu yang cukup signifikan. Sehingga kepercayaan selalu di nomer satukan walaupun selalu mendapat feedback yang yang tidak selalu baik dari menejemen. Wallahu khoirul wahabb…

source : Pengalaman pribadi

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

8 Responses to Dunia Proyek-Kontraktor-Subcont dan Owner

  1. Jika Bapak / Ibu kebetulan punya rencana hendak membongkar atau merobohkan bangunan seperti : Rumah, kantor, gudang, sekolahan , rumah sakit, gedung gedung bertingkat, jembatan dan sebagainya… , maka ada baiknya jika anda bertanya kepada kami terlebih dulu. Jangan sampai anda salah langkah dimana bangunan anda hanya akan roboh begitu saja , terlebih lagi, jika sampai puing puing sisa bangunan anda hanya terbuang percuma.

    Kami siap membantu anda karena kami sangat ahli menangani masalah PEMBONGKARAN BANGUNAN meliputi : kegiatan penghancuran dan perobohan bangunan , pembersihan dan pengangkutan puing puing serta pekerjaan pemerataan tanah ( sampai area / lahan benar2 bersih , kosong dan kembali rata sehingga memberikan kemudahan jika di area tersebut suatu saat hendak didirikan bangunan baru lagi ). Jangan berpikir bahwa anda akan terbebani karena harus mengeluarkan biaya untuk pengerjaan itu semua , bahkan sebaliknya karena kami lah yang akan membayar kepada anda “puluhan bahkan ratusan juta rupiah” (CASH DI DEPAN) , sesuai dengan nilai / banyaknya puing bangunan yang kami bersihkan dan bisa kami ambil.

    Bangunan yang hendak dibongkar/dirobohkan kami taksir dengan harga beli berkisar antara Rp. 35.000,- s/d Rp. 70.000,- per meter persegi per lantai (tergantung kualitas kontruksi)

    CONTOH…………: Jika yang dirobohkan adalah bangunan bertingkat seluas 1000 meter persegi dan terdiri dari 5 (lima) lantai (dengan kontruksi bagus) , maka kami siap membantu merobohkan bangunan tersebut dan membersihkan puing2nya dengan mendatangkan tenaga dan peralatan2 canggih secara cuma cuma, dan bukan hanya itu, kami bahkan bersedia memberikan uang kepada anda ( CASH DI DEPAN) sebasar : 70.000 X 1000 X 5 = Rp. 350.000.000,- ( tiga ratus lima puluh juta rupiah ). Jumlah yang lumayan bukan,……?

    Segera hubungi kami :

    CV. PUTRI CEMPA , alamat: Jl. Kudus – Pati KM 4 Gondoharum Jekulo KUDUS

    TELPON : 085641448777 – 081392080289 ( dengan ABDUL AZIZ )
    Siap menangani pekerjaan di seluruh wilayah Pulau Jawa , Sumatra, Batam dan Kalimantan

  2. enak banget gw ngebacanya…thanks inpohnya

  3. Melayani kebutuhan proyek, batcing plan,AMP.,toko bangunan atau pabrik-pabrik batako, dll
    Hubungi : AANG( 087785332324)
    Dafta Harga
    Jenis Harga ( Rupiah) per kubik ( m3) terima di Cikarang/ Bekasi/ Jakarta

    Batu Split 1-2 = 145.000
    Batu Split 2-3 = 140.000
    Batu Split 3-5 = 135.000
    Abu Screening II / Abu Batu = 112.500
    Abu Screening III / Abu batu = 110.000
    Batu Screening = 127.500
    Base Course /Aggregate ( A) = 120.000
    Base Course/ Aggregate ( B) = 95.000
    Base Course Super = 125.000
    Brangkal = 105.000
    Barangkal Pasir= 95.000
    Batu Belah = 135.000
    Pasir Atras = 105.000
    Pasir Beton = 135.000
    Sirtu = 70.000

    Keterangan
    1. Harga masih dapat dinegosiasikan; tergantung pada jarak, tingkat kelancaran lalu lintas, jam penerimaan barang, dan volume pesanan.
    2. Semua pesanan wajib dengan uang muka 80% , dan wajib bayar tunai setelah barang diterima.
    3. Pesanan dapat dikirimkan ke e-mail :mncasemindoutama@gmail.com, telp ke 087785332324.(Aang)
    4.harga tersebut belum termasuk onkos kirim kendaraan
    Harga: Nego

  4. Bobby Astoni says:

    Perkenal kan PT.BINAMITRA MANDIRI SOLUSION Consultan Penerbit Jaminan Garansi Bank & Jaminan Surety Bond, Tender Projec Non Collateral. Jl.Kayumanis Ii Blok 2 No.37a Matraman-Jakarta Timur Telp:(021)85914350fax:(021)85914353.Telah Di Back Up Oleh Beberapa Perusahaan Asuransi Bumn Dan Asuransi Swasta ,Nasional, Serta Bank Garansi Yang Kami Tawarkan Tanpa Agunan ( Non – Collateral ).
    1. Jenis Jaminan Garansi Bank & Asuransi ( Surety Bond ) yang kami
    tawarkan antara lain :
    * Jaminan Penawaran ( Bid Bond )
    * Jaminan Pelaksanaan ( Performance Bond )
    * Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond )
    * Jaminan Pemeliharaan ( Mantnance Bond )
    * Etc
    II. Bank Pendukung antara lain :
    BANK BRI, BCA, BNI, PERMATA, EXIM, PERMATA, MUTIARA, SINARMAS, MANDIRI,
    BJB, BENGKULU, SUMSEL, KALTIM, BTN, DKI, BII, DINAD, DLL
    III. Asuransi Pendukung antara lain :
    ASKRINDO, BUMIDA, JASINDO, ASEI, JASA RAHARJA PUTRA, JAMKRINDO,
    BOSOWA PERISKOP, SINARMAS, RAYA, BERDIKARI , MEGA PRATAMA ,
    PANPACIFIC, ASOKA, ARTHA AMAN PRATAMA, REKAPITAL, dan asuransi terdaftar
    di defqiu keuangan RI.
    IV. Kita Juga Melayani Untuk Projec Batu Bara
    * Jaminan Pengadaan Batu Bara
    * Jaminan Pengangkutan Batu Bara dll
    V . LINES OF INSURANCE
    * Marine Cargo Insurance
    * Marine Hull Insurance
    * Personal Accident Insurance
    * Engineering Insurance ( CAR, EAR, MB )
    * All Risk Insurance dll
    Hormat kami PT.BINAMITRA MANDIRI SOLUSION
    CONSULTANT:Bobby astoni
    Tlpn: 0813 824 568 25
    Tlpn: 087 880 167 886
    Email:bobbybms85@gmail.com
    Email:bobby.consultant@outlook.com

  5. Sudarko says:

    hahahaa,100% bener banget itu,,tentang suka duka diproyek..salam http://www.pesantukang.blogspot.co.id

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: