Idul Fitri & Proklamasi


Selamat Idul fitri 1433. Minal aidin wal faizin wal maqbulin aamiin…

Dirgahayu Rebuplik Indonesia Ke 67. Jayalah terus Indonesiaku…

Kawans, mas broo. Sebentar lagi lebaran. Bagiku lebaran ini sedikit berarti dibanding lebaran tahun sebelumnya. Ya walaupun lebaran di tanah rantau. Karena tahun ini aku lebih khusuk dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah sunnah lainnya. Mungkin hal itu yang membuat lebaran tahun ini serasa lebih berarti.

Yang jelas berdasarkan keyakinanku, aku dan keluarga akan lebaran pada tanggal 19 Agustus 2012. Aku sudah coba menelusuri dalil aqli dan naqli. Hasilnya kemantapan hatiku mengikuti lebaran di hari minggu. Alasannya simple, aku mengikuti Rukyatul hilal negeri mekkah. Ditambah aku berusaha untuk tidak taqlid buta. Sehingga menurutkan sesuatu dengan membabi buta tanpa berusaha untuk mengerti. Semoga keyakinan ini semakin mantap di kemudian hari. Setelah beberapa tahun sebelumnya mengalami kebimbangan. Kadang awal puasa ikut rukyatul hilal negeri mekah, tapi lebaran ikut pemerintah. Sungguh disayangkan para pemimpin dan umara belum bisa menyatukan dua lebaran umat islam di Indonesia ini.

Dua tahun ini dan dua tahun mendatang. Lebaran idul fitri akan berada di bulan Agustus. Bulan dimana bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari penjajah. Namun kemungkinan yang paling dekat adalah tahun ini yang hanya berselang 2 atau 3 hari sebelum idul fitri. Hal ini memberi makna tersendiri bagi kita rakyat negeri ini. Yang pasti lebaran tahun ini sedikit bendera merah putih, umbul-umbul, dan acara dalam menyambut hari proklamasi yang biasanya diadakan dan dipasang di jalan-jalan. Bahkan penjaja atau penjual umbul-umbul dan bendera merah putih makin sedikit dibanding tahun sebelumnya.

Mungkin para penjual bendera dan umbul-umbul itu kalah bersaing dengan penduduk negeri yang sibuk mempersiapkan mudik pulang kampung dan lebaran idul fitri. Sehingga dipastikan dana tersedot untuk mudik, tidak ada jatah untuk bendera merah putih. Apapun keadaannya mari kita syukuri dan berdoa agar proklamasi dan idul fitri berjalan dengan seiring. Dan mudah-mudahan bisa bareng dalam beridul fitri supaya wong cilik tidak bingung dan sayurnya basi. Dan terlebih lagi agar negara lebih mengerti dalam memahami wong cilik sehingga tidak perlu antri membeli tiket untuk mudik. Dan rakyat akhirnya benar-benar merasakan arti proklamasi dan kemerdekaan.

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: