Tips Menjaga Kesehatan Rambut & Kulit Kepala Balita


Untuk anak kita, apalagi anak pertama sebagai orang tua kita pasti selalu berusaha menyediakan fasilitas terbaik untuk si buah hati. Tidak terkecuali alat perlengkapan mandi untuk si buah hati, anak balita kita. Biasanya kita menyediakan alat perlengkapan mandi yang terpilih seperti shampoo bermerek yang khusus untuk balita. Kita juga menyediakan sabun khusus balita juga odol untuk balita. Semua itu untuk memastikan agar anak kita selalu sehat dan nyaman.

Namun berdasarkan pengalaman saya untuk sabun dan odol sampai balita kita waktu mencapai umur 5 tahun, tidak masalah menggunakan sabun dan odol khusus balita. Tetapi tidak demikian untuk shampoo rambut. Ketika umur anak saya (laki-laki) berumur antar 2.5 s/d 3 tahun, anak mulai lebih akif. Hal ini menyebabkan anak berkeringat sangat banyak terutama bagian kepala. Sedikit bergerak anak langsung keringatan. Awalnya saya menerapkan pagi dan sore si anak dikeramas dengan shampo khusus anak. Dengan harapan supaya rambut dan kulit kepala si anak tidak gatal.
Tetapi ternyata setelah beberapa bulan saya baru sadar dan memperhatikan kulit kepala si anak, kulit kepala Abil sudah berketombe berat. Bahkan sudah membentuk karang ketombe di kepala (sindab / bonyok : jawa red ). Yang apabila dilepas itu karang ketombe akan menimbulkan rasa sakit dan tak jarang mengeluarkan sedikit darah. Abil juga akan langsung menolak untuk diangkat karang ketombenya,”Jangan pa sakit”. Terpaksa saya biarkan beberapa hari untuk tidak menyentuh karang ketombe di kulit kepala si Abil. Dan si Abil masih sering garuk-garuk kepala karena gatal.
Dari kasus tersebut diatas kemudian saya berfikir bagaimana agar si Abil (3 thn) tidak gatal dan tidak tumbuh karang ketombe di kulit kepalanya. Nah ini dia langkah-langkah saya dalam penanganan karang ketombe pada kulit kepala balita :
1. Jika anak sering berkeringat saat bermain dan beraktifitas sering-seringlah lihat kondisi kulit kepala si anak apakah ada ketombe / tidak?
2. Jika ada ketombe apakah ketombe itu sudah membentuk karang atau belum?
3. Jika sudah membentuk karang pada kulit kepala si anak, ada baiknya kita bantu untuk untuk melepaskannya dengan cara menggaruknya pelan-pelan. Jika si anak merasa sakit lakukan pada saat si anak sedang tidur. Atau bisa anda berikan minyak zaitun / minyak rambut agar mudah mengangkat karang ketombe.
4. Jika sudah ada gejala sering berkeringat, tumbuh ketombe apalagi sudah membentuk karang di kulit kepala maka saatnya shampo si anak kita ganti dengan shampo dewasa. Misal yang saya gunakan adalah shampo merek LB***.
5. Berhati-hati dalam menggunakan shampo dewasa untuk anak. Jangan sampai mata anak kita menderita perih atau iritasi. Dan tetap lihat hasilnya apakah bisa mengurangi atau menghilangkan ketombe dan karang ketombe di kulit kepala anak kita.
6. Kesimpulannya : shampo khusus anak tidak mampu lagi mengangkat kotoran dan keringat dari kulit kepala ketika si anak mulai aktif dan berkeringat (mungkin), sehingga diperlukan shampo dewasa untuk mencegah pertumbuhan ketombe dan karang ketombe. Alhamdulilah setelah shampo anak saya ganti, karang ketmobe tidak tumbuh lagi walaupun rambutnya sedikit agak kusam. Mungkin saya perlu mencari shampo yang lebih cocok buat rambut si Abil.
LB***.= Lifebuoy shampo

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

2 Responses to Tips Menjaga Kesehatan Rambut & Kulit Kepala Balita

  1. anoniary says:

    kalau balita bisa kena ketombe juga gak ya mas?
    saya punya tulisan menarik tentang ketombe di sini.

    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya mas!

    *sesama blogger selalu melakukan kunjungan dan komen balik.😀

  2. Kalau untuk sabun bagaimana…?
    Anak ku baru usia 2 tahun, sudah bisa belum menggunakan sabun dewasa…?
    Trimakasih.

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: