Syetan menawarkan harta dan kesenangan dunia kepada anda…


Suatu ketika saya teringat dengan cerita orang tua zaman dahulu bahwa bangsa syetan, jin dan makhluk halus yang biasanya dulu didatangi dan diminta bantuannya oleh manusia untuk berbagai keperluan (endingnya adalah kesenangan dunia) lewat sarana tirakat nyari pesugihan ( kalau bahasa sunda muja). Namun dari dulu dan sekarang sering kali para syetan ini aktif bergerak dalam mencari pengikut untuk dibawa ke neraka. Dan di tahun 2012 ini semakin banyak terlihat dan terdengar oleh kita jika kita memperhatikan fenomena orang yang di datangi syetan dan menukar kesenangan akhirat dengan kesenangan dunia yang hanya sebentar.

Sebagai contoh juru kunci makam pasar krumpyung ( di daerah klaten-jateng ) yang biasanya membantu menunjukkan orang-orang yang akan mencari pesugihan tuyul, tiba-tiba di tengah hari bolong di datangi dua orang anak kecil. Juru kunci tersebut sudah gak kaget, langsung saja dia bertanya, “Ono opo le ?”, jawab anak-anak kecil itu yang tada lain perwujudan dari tuyul, “Dolan pak Atmo”. Sebut saja nama sang juru kunci demikian. “ Pak Atmo kelihatan lagi mikir ono opo tho pak?”, si tuyul bertanya. “aku lagi mikir mau membangun kuburan leluhur, tapi durung duwe duwet (duwet = uang)”, pak Atmo menjawab. “Lha kalau perlu duwet iki lho pak” jawab si tuyul dan tiba-tiba di meja tempat mereka ngobrol penuh dengan tumpukkan uang. “Terus perhitungannya gimana le” jawab pak Atmo. “Yo kalau gak dahan ya rantingya pak”, jawab si tuyul. Maksud dahan dan ranting adalah meminta tumbal dari keluarga pak Atmo kalau gak anak ya cucu atau salah satu dari keluarga. Pak atmo sebenarnya sudah tahu tapi pura-pura nanya. “Wah yen ngono emoh aku”, si tuyul banjur njawab “ Yo wis yen emoh pak”, seketika uang yang ada di meja dan perwujudan dua bocah kecil dari tuyul langsung menghilang dari hadapan pak Atmo.

Ada seseorang di lokasi yang tidak jauh dari pasar krumpyung. Sebut saja dia pak Diran. Pak Diran ini sedikit IQ rendah. Konon kabarnya pak Diran di datangi mahkluk halus dan menawarkan akan ikut dan membantu pak Diran dalam bekerja mencari penghidupan. Permintaan mahkluk halus tersebut di iyakan oleh pak Diran. Setelah kejadian itu pak Diran pernah bercerita kepada serang tetangga bahwa di dalam lemarinya yang kosong penuh dengan uang. Pak Diran bercerita tentang perihal ini karena IQ sedikit rendah. Dan konon pak Diran menjadi orang yang bisa menyembuhkan penyakit dan tempat bertanya tentang dunia ghoib ( jawa : wong pinter / supranatural ).

Di internet ada cerita dari sumbernya langsung pernah saya baca, mbak Maya sebut saja begitu namanya. Parasnya cantik dan bodynya aduhai. Tapi sayang orangnya geleman ( suka selingkuh ) dan kondisi ekonomi suaminya yang pas-pasan. Suatu ketika ketahuan sama teman sekaligus tetangganya, mbak maya sedang berselingkuh dengan pak RT. Kata tetangga “kok bisa mbak Maya menaklukkan cinta pak RT?”. Jawab mbak Maya, “Bisa aja mbakyu lha wong biaya untuk membangun rumahnya pak RT itu saya yang ngasih uang”. Si tetangga makin bingung mbak Maya ini duit dari mana wong suaminya aja pas-pasan kok bisa ngasih uang segala dalam jumlah banyak untuk membangun rumah orang lain. Singkat cerita selain selingkuh dan menggaet pak RT Mbak Maya juga selingkuh dengan Jin yang ganteng. Awalnya mbak maya di datangi seorang pemuda yang gagah dan mau menghidupi mbak maya. Dan ternyata pemuda gagah itu adalah jin. Jin minta syarat mbak Maya mau dijadikan istrinya dan setiap bulan purnama siap melayani sang jin tadi. Imbalannya mbak Maya di kasih uang oleh sang Jin.

Tiga cerita diatas adalah sebagian kecil cerita syetan yang datang dan menawarkan harta, penghidupan dan kesenangan dunia. Banyak cerita lain yang hampir sama dengan cerita diatas, hanya perwujudan mereka berbeda-beda ada yang berwujud tuyul, ular, buaya, kera, gadis cantik, pemuda gagah dan lain-lain yang intinya mereka ingin ikut dan membantu kita mencari harta dan dunia ( kebahagiaan dunia). Namun akhirnya sengsara akhirat yang kita dapat.

Kesimpulan :

1. Terlepas anda percaya atau tidak menurut saya cerita ini bisa saja terjadi di sekitar masyarakat kita dan bahkan sangat sering terdengar yang mengindikasikan bahwa cerita ini tidak main-main.

2. Syetan akan menempuh berbagai cara untuk menipu manusia. Dan konteks cerita diatas syethan menempuh cara jemput bola, lebih aktif dalam menggoda manusia.

3. Berhati-hatilah anda jika suatu saat anda dalam kondisi ekonomi dan iman yang labil dan tiba-tiba syetan menawarkan harta pada anda. Jangan sampai terpengaruh!

4. Pertebal keimanan dan taqwa, genggamlah iman dan islam selaksa menggenggam bara di tangan.

5. Mohonlah perlindungan dan petunjuk kepada Allah SWT agar terlindungi dari tipu daya syetan, dunia semakin tua..

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

One Response to Syetan menawarkan harta dan kesenangan dunia kepada anda…

  1. Pingback: The Adventure Of Wong Fei Hung In Nusantara Archipelago « wikisopo

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: