Perbedaan Bisnis Online & Multi Level Marketing (MLM)


Kalau anda sering nge-browsing atau berselancar di dunia internet dan anda punya harapan dan cita2 ingin kaya bergelimang uang dan harta hingga akhirnya mencari2 sebuah bisnis, tentu pernah ketemu blog atau web dengan keyword bisnis online. Nah itu dia bro… berikut kita akan bahas pengalaman ane seputar bisnis online (BO) tersebut dan kita bandingkan dengan bisnis Multi Level Marketing (MLM),yang kedua-duanya pernah saya ikuti walaupun sebenarnya saya hanya ingin tahu saja. Selebihnya siapa tahu jalannya mudah dan berhasil, huuu ..org Indonesia asli???, maunya yang enak dan yang instant, ngandelin keberuntungan, aji mumpung , sudah cilaka bilang untung, sudah buntung tetep bilang selamet le..le…. heee…just kidding….indonesia wow!

OK sebelum lebih lanjut, ada baiknya kita batasin dulu pokok permasalahan dari kedua type bisnis ini yaitu Bisnis Online dan Bisnis Multi Level Marketing (MLM), supaya hasilnya mengerucut dan mudah difahami dan kita bisa mengambil inti sarinya.

BATASAN

  1. Bisnis Online : adalah bisnis di internet yang menjual e-books dengan sistem reseller. Yang promonya sering menggiurkan se-akan-akan mencari uang di internet sangat mudah, dan sangat mudah menjadi kaya.
  2. Bisnis Multi Level Marketing MLM : Adalah bisnis dengan karakter spesifiknya menjual dan merekrut anggota (up-downline) dengan sistem jaringan berjenjang. Yang pasti  anggota/downline adalah konsumen mereka sekaligus alat promosi dan perekrut anggota bisnisnya dengan cara door to door ataupun kolektif (biasa disebut mengadakan prospek).

BISNIS ONLINE

Dilihat dari promosinya kita pasti tergiur. Karena bisnis online tak jarang menggunakan kalimat2 fantastis seperti : mesin pencari uang paling canggih, ingin kaya disini tempatnya, modal kecil hasil berlipat, penghasilan 50jt sehari dan lain sebagainya. Yang gampang dibilang orang2 yang kurang pro iklan2 ini disebut dengan menjual mimpi tuh..bahkan ada yang menyebutnya para pebisnis bisnis online dengan pembohong dlsb.

Sistem dari bisnis online ini adalah begitu kita mendaftar kita disebut Reseller. Artinya kita bisa menjual e-book mereka dengan sebuah kode khusus untuk kita promosikan dengan mengarahkan ke blog/webnya owner. Jika ada pembeli dari anggota reseller baru maka hasil penjualan tersebut dibagi dua misalnya harga e-book kitnya Rp. 200.000 maka Rp. 100.000 untuk bisnis owner dan Rp. 100.000 untuk reseller (kita).

Teknik marketing yang digunakan adalah soft marketing dengan berbagai cara misal, sms, iklan baris gratis di internet sampai iklan berbayar di google dan yahoo. Waktu saya dulu, kalau mau iklan yang berbayar penawarannya adalah 100 per klik, 250 per klik, 300 per klik dan 500 per klik. Tapi sudah pernah saya coba daftar iklan bebrbayar ternyata gak di ACC bro.. mungkin aku pilih pilihan yang paling kecil yang nggak cepet menguntungkan ditambah cuma trial 1 bulan weleh..weleh

Produk yang ditawarkan dari bisnis online adalah e-book kit. Yang isinya adalah cara mengelola bisnis ini, peratutan bisnis, tata caranya, kiat-kiatnya dan nggak ketinggalan sederet cerita pengalaman untuk memotivasi anda.

Biaya yang diperlukan untuk ikut bisnis ini bervariasi, dari 100.000 sampai 300.000. Biasanya mereka menawarkan dengan methode yang sangat cantik, misalnya : “kalau anda daftar sekarang harga kami potong/diskon habis-habisan dari 650.000  menjadi 150.000 saja. Jangan tunggu sampai harga naik .”

Jika bisnis ini benar dan kita anggap berhasil maka memang pertumbuhannya bisa dibilang sangat cepat, bayangkan jika satu orang  Rp 100.000 maka jika 1 hari ada 10 orang yang membeli, penghasilan anda sebulan 30 juta. Apalagi jika anda mengembangkan bisnis anda (agar tumbuh dan berkembang) dari reseller menjadi pemilik blog/web pribadi, wow hasilnya akan dua kali lipat,  penghasilan anda menjadi 60 juta sebulan. Wow fantastic…

Namun tidak mudah kawan untuk mencapai sukses. Ibarat kesuksesan itu adalah puncak gunung maka untuk mencapainya diperlukan tenaga, energy, perbekalan dan persiapan lain yang mendukung agar sampai di puncak. Nah di bisnis online ini baik masih menjadi reseller ataupun blog owner bisnis online tetap diperlukan biaya untuk periklanan dan membayar hosting. Yang kalau di kalkulasi lumayan juga pak ogah…

Nah syarat penunjang di bisnis online jika anda berminat adalah harus bisa computer untuk berinternet, punya email dan jangka panjang jika anda berkembang maka harus punya BLOG / WEB bisnis online anda sendiri.

BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM)

Persamaan promosi di bisnis multi level marketing pada prinsipnya hampir sama pada bisnis online, yaitu menawarkan mimpi yang tinggi. Hanya saja di MLM mereka menyematkan kalimat2 motivasi langsung dari upline atau anggota aktif kalimat-kalimat motivasi seperti, “ kita harus bekerja gigih, ulet dan pantang menyerah. Bersusah dahulu untuk membangun kerajaan pasif income nanti di kemudian hari kita akan menikmati uang yang kita tanam dan kita tidak bekerja lagi karena uang telah bekerja untu kita”. Begitu sepenggal kalimat yang pernah ane dengar.

Perbedaan dengan bisnis online terletak di sistem bisnis dan marketing bisnis masing-masing. Bisnis MLM mengacu standar MLM yaitu sistem jaringan yang berjenjang. Dimana tiap jenjang biasanya antara MLM satu dengan MLM yang lain berbeda-beda. Ada yang menyebut dua kaki, tiga kaki, empat kaki dan lain sebagainya. Di segi tingkatan pun MLM ada yang 6 tingkatan, ada yang 9 tingkatan dan ada yang 12 tingkatan jenjang untuk bisa mencapai posisi puncak sukses MLM.

Untuk produk, di MLM cenderung produk barang. Biasanya satu MLM mempuyai produk unggulan yang ditawarkan entah itu kopi special, obat special dll. Dan bahkan semua MLM menawarkan produk-produk mereka adalah produk istimewa dan special beda dengan produk umum di pasaran. Singkatnya produk-produk barang di MLM adalah produk unggulan, berdasarkan penmatan pribadi selama ini.

Untuk bergabung ke dalam sebuah MLM biaya yang diperlukan bervariasi antara Rp. 60.000 sampai Rp. 120.000 bahkan ada sistem pendaftaran yang langsung untuk memperkenalkan produk mereka, sehingga anggota baru dibebankan agak mahal tetapi anggtota mendapatkan sejumlah barang dan point. Dengan sistem MLM jaringan berjenjang kalau kita tidak aktif ulet dan pantang menyerah perkembangan bisnis MLM kita perkembangannya bisa lambat. Karena kita tidak bisa mencari downline sebagai syarat untuk maju berkembang dan mendapatkan bonus-bonus dari MLM.

Perbedaan dengan bisnis online yang lain, di MLM pembagian keuntungan adalah dibagi secara proporsional. Yang jelas kita hanya tahu bagian kita baik secara rupiah ataupun poinnya. Untuk pembagian ke atas biasanya kurang transparan. Tapi itulah sistem MLM yang mengandalkan tutup poin. Jadi untuk mendapatkan bonus dan kenaikan jenjang, kita di syaratkan dengan sejumlah poin yang harus kita penuhi. Dan kita bisa mengejar poin dengan banyak berbelanja kemudian menjualnya kembali. Tapi cara ini lebih lambat dan perlu biaya besar dibandingkan dengan kita mencari down line. Yang perlu dicatat adalah diantara MLM, masing – masing mempunyai peraturan dan ciri khas khusus bahkan produk khusus yang berbeda. Namun yang tidak bisa dihindari adalah sistem jaringan berjenjangnya.

Persamaan dengan bisnis online dan MLM adalah kedua-duanya tetap memerlukan biaya untuk tumbuh dan berkembang serta keuletan. Bisnis online memerlukan biaya untuk beriklan dan bayar internet sedangkan di MLM untuk belanja barang dan seminar. Persamaan yang lain adalah keduanya butuh persyaratan awal walaupun agak berbeda tapi nilai kesamaanny adalah jika syarat awal ini gak ada maka bisnis gak jalan. Bisnis online syarat awalnya adalah Bisa komputer / internet, punya email, tahap lanjutnya punya blog / Web (next). Sedangkan di MLM adalah Kemauan, usaha yang gigih, pantang menyerah.

SUMMARIES

  1. Baik bisnis online atau MLM menawarkan janji-janji dan kalimat-kalimat yang manis sekali. Tidak jarang menjual mimpi yang tinggi. Berhati-hatilah, jika anda bergabung sebaiknya pelajari dulu dengan seksama apakah anda bisa menjalankan bisnis tersebut atau tidak.
  2. Baik bisnis online atau MLM sama sama memerlukan biaya awal maupun biaya lanjutan. Perhitungkan baik-baik apakah anda mampu menyediakan biaya tersebut atau tidak sangat perlu diperhatikan.
  3. Kata kunci bisnis online RESELLER, SOFT MARKETING dan e-BOOK.
  4. Kata kunci MLM adalah MLM, HARD MARKETING dan PRODUK BARANG.
  5. Kata kunci tersebut untuk mempermudah dalam kita mendefinisikan kedua bisnis dan sekaligus menjadi pertimbangan atau gambaran bisnis mana yang cocok untuk anda.
  6. Secara teoritis bisnis ONLINE akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan MLM, (asumsi dalam keadaan normal : sama-sama sukses). Karena bisnis online hanya mempunyai dua pembagi keutungan yaitu reseller dan owner blog. Dari reseller anda langsung menjadi owner blog dan mengembangkan bisnis online sendiri.
  7. Syarat penunjang awal kedua bisnis ada kesamaan, bisnis online Bisa komputer / internet, punya email, punya blog / Web (next). Sedangkan MLM Kemauan, usaha yang gigih, pantang menyerah.
  8. Saran pribadi : apapun bisnis yang akan anda pilih dan anda jalankan, jalankan dengan keyakinan dan ketekunan. Apapun akan menghasilkan sesuatu (uang/rezeki) jika kita berusaha dan pantang menyerah. Ingat ummat berusaha, allahlah yang menentukan. Ibaratnya adalah seperti cerita ini : “si A dan si B bersekolah di sekolahan yang berbeda. Si A sekolah di sekolahan sebut saja sekolah negri yang bonafide, sedang si B sekolah di sekolahan swasta yang nggak bonafide. Tetapi karna ketekunan dan kegigihan si B, ia akhirnya memperoleh prestasi yang lebih baik dari si A. sedangkan si yang sekolah di sekolahan bonafide belum menjamin ia akan berprestasi dan sukses”.
  9. Tidak perlu menghina menghujat bisnis ini tidak bagus, bisnis ini jelek begini dan begitu. Jika anda minat jalankan dengan sepenuh hati.

Secara ringkas ini dia perbedaan dan persamaan Bisnis Online dan Bisnis Multi Level Marketing :

Baca juga :

  1. Membuka mental block enterpreneur
  2. Teknik Closing Marketing
  3. Type Marketing
  4. Hard & Soft Selling
  5. Harga Sebuah Kesuksesan

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

2 Responses to Perbedaan Bisnis Online & Multi Level Marketing (MLM)

  1. nandobase says:

    Bisnis online itu fifty-fifty pembagiannya ya, Gan? Antara owner dan reseller….

  2. waktu ane daftar begitu gan, 200.000 dibagi dua. 100.000 + 63 rupiah untuk reseller dan 100.000+73 rupiah untuk blog owner. kelebihan tersebut untuk kode unik katanya. pernah baca di bisnis online yang lain bahkan ada yang menawarkan prosentase lebih gan..tapi ampe sekarang karena promo ane kurang jadi belum dapat kiriman otomatis ke rekening ane gan…hehehe..

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: