Tips Merawat Balita


Tips ini sebenarnya adalah komentar saya di :https://d132a.wordpress.com/2009/02/04/bagaimana-menghindari-alergi-debu/. Karna waktu itu saya belum punya blog jd nggak bisa posting. Komentar ini berkaitan dengan anak kita yang masih balita kenapa sering batuk dan  pilek dalam jangka waktu yang lama. Namun untuk melengkapinya beberapa bagian saya tambahkan tulisan. Berikut tulisannya. Selamat membaca !

(Maaf dok saya menulis untuk berbagi pengalaman semoga bermanfaat dan memberikan khasanah pengetahuan)
Perawatan kesehatan anak memang harus ekstra hati-hati dan kita sebagai orang tua mesti benar-benar memperhatikan kondisi, perilaku, lingkungan dan bahkan apa saja yang telah dikonsumsi anak-anak kita(makanan). Berikut tips-tips saya dalam merawat anak.

  1. Jika batuk ada kemungkinan karna kecapaian, masuk angin dan makanan (jajanan kecil atau snack, chiki dll). Hindari atau kurangi jajan dengan rasa source / perasa yang tinggi. Biasakan jajan dengan makanan yang sehat, seperti susu, roti, agar, dan coklat.  
  2. Jika pilek ada kemungkinan karna kondisi cuaca yang dingin, atau cuaca panas kemudian minum es /air dingin, tertular oleh orang tua, kakak/adik atau ketika sedang bermain dengan teman yang sedang pilek.
  3.  Jika sariawan ada kemungkinan karna cuaca, pola makan ( biasanya gorengan yang paling cepat mempengaruhi).
  4. Jika panas badan tinggi, hal ini banyak penyebabnya menurut pengalaman saya karna tumbuh gigi, batuk, pilek, infeksi hidung ISPA, infeksi lambung/gangguan pencernaan, luka di tubuh seperti habis jatuh, kecapaiaan dan menurut orang tua dulu katanya si anak mau pintar yang berarti si anak sedang tumbuh berkembang baik tubuh dan mentalnya. Untuk hal seperti ini kita tidak terlalu kawatir.
  5. Untuk kasus anak sering panas tinggi dan anak cenderung stip (kejang karna panas yang tinggi) orang tua harus sangat ekstra hati-dan selalu sedia obat penurun panas untuk pencegahan pertama. Sediakan pula termometer untuk mengetahui panas badan dan jangan ketinggalan obat anti kejangnya. Walaupun sudah diberikan obat penurun panas dan obat anti kejang jika panas terjadi segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan obat dan perawatan yang tepat agar pemicu panas si anak bisa dideteksi. Kalau bisa dideteksi biasanya pemulihan / penurunan panasnya cepat sekali. Dan bila diperlukan harus rawat inap ikuti petunjuk dokter demi kesehatan anak kita.

Tips-tips sehat balita yang lain   :

  1. Memberikan sentuhan (pijitan halus ) menjelang tidur (dengan dibalur minyak kayu putih atau vicks vaporub untuk usia diatas 3 tahun). Jika pijitan kita belum cukup membuat nyaman si anak, (tandanya adalah ketika sudah tidur setelah kita pijit si anak tidurnya masih gelisah) maka anak perlu diurut oleh ahli urut bayi ( jawa:dukun bayi). dan akan bagus jika hal ini dilakukan secara berkala 1 bulan atau dua bulan diurut dukun bayi.
  2. Tidak sembarangan memberikan makanan/jajanan. meskipun dari mini market / super market. karna anak balita sangat sensitif dengan berbagai hal disekitar kita.
  3. Jangan membiarkan anak berlama-lama tidak memakai baju.
  4. Jangan membiarkan anak kelelahan dan berkeringat dalam waktu yang lama. segera setelah bermain dan berkeringat, basuh dengan air dan istirahatkan dengan diberikan susu.
  5. Perhatikan anak dengan kasih sayang, dan cobalah untuk mencari dan menganalisa setiap anak sakit dengan bertanya, apa penyebab utamanya, stelah ketemu hindari untuk menjaga kesehatan anak kita.
    Sekian semoga bermanfaat

Sumber : https://d132a.wordpress.com/2009/02/04/bagaimana-menghindari-alergi-debu/

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

8 Responses to Tips Merawat Balita

  1. Pingback: perawatan herbal

  2. silmamaharani says:

    mau tau rahasia bunda?? intip yu,,klik link nya disini http://resepbundapintar.com/ (^_^)

  3. materihukum says:

    terima kasih atas tulisannya, sangat bermanfaat,.
    Untuk tips tambahan silahkan berkunjung ke :
    http://tunasbumi.blogspot.com/2014/01/tips-merawat-anak-balita-dan-batita.html

  4. Pingback: Cara Merawat Tubuh Setelah Punya Anak | Tips Perawatan Badan

  5. Pingback: Cara Merawat Baju Bayi - Tips Fashion Terkini

  6. Pingback: Tips Merawat Baju Bayi - Tips Fashion Terkini

  7. Pingback: Cara Merawat Badan Anak | Tips Perawatan Badan

  8. Pingback: Cara Merawat Tinggi Badan | Tips Perawatan Badan

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: