20 Tips Mengusir Syetan


20 tips mengusir syetan ini maksudnya adalah do’a, sikap, gerakan dan situasi yang mampu mengusir syetan, sehingga syetan lari dan kita terhindar dari godaan dan tipu dayanya. sangat baik diketahui dan diamalkan oleh kita umat manusia dan kaum muslimin semuanya. Inti yang terpenting adalah berdoalah selalu setiap melakukan sesuatu dan setiap aktivitas agar selalu mendapat perlindungan Allah swt dan dijauhkan dari godaan syetan.

Setan merupakan musuh yang nyata bagi manusia. Tugas setan yang utama adalah membuat manusia agar mereka menjadi pengikutnya untuk masuk ke dalam neraka bersama-sama dengan mereka dengan cara membujuknya dengan tipu daya. Maka dari itulah banyak ayat dan hadits yang menyuruh manusia agar terhindar dari bujukan setan yang terkutuk. Membuat setan lari bukan dengan menggunakan energi aura/tenaga dalam yang penuh talbis iblis namun dengan dzikir dan doa.

Berikut adalah sebagian tips-tips agar setan lari dari kita yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah:

1. Ucapkan Dzikir
Barangsiapa yang mengucapkan Laa ilaa ha illallah wahdahu laa syariikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syaiin qadiir (Tiada tuhan selain Allah yang maha esa tidak ada sekutu baginya, baginya kerajaan, segala puji hanya bagi-Nya Dia-lah yang maha Kuasa atas segala sesuatu) seratus kali dalam sehari, maka ia akan mendapatkan pahala seperti halnya memerdekaakan budak, dicatat baginya seratus kebaikan, dihapuskan seratus kesalahan dan mendapatkan penjagaan dari setan pada hari itu hingga sore hari. Tidak ada seorang yang beramal lebih utama dari hal ini kecuali seorang yang mengamalkannya lebih dari itu,” (Bukhari dan Muslim)

2.
Bacalah Ayat Kursi Ketika Hendak Tidur
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwasanya seseorang datang kepadanya meminta sedekah. Kemudian Nabi mengizinkannya untuk memberikan kepadanya pada malam pertama dan kedua. Tetapi pada malam yang ketiga ia berkata,”Saya akan adukan kepada Rasulullah.” Tetapi ia berkata,”Sebentar, saya akan ajarkan kepamu beberapa kalimat yang akan diterima di sisi Allah -mereka sangat tamak terhadap kebaikan,”Jika anda hendak tidur bacalah ayat Kursy Allahu laa ila ha illa huwal hayyul qayyum hingga selesai. Sungguh Allah akan selalu menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu sehingga pagi hari.” Kemudian Rasulullah bersabda,” Ucapannya benar, tetapi pendusta itu adalah setan.” (Bukhari)

3. Meludah Tiga Kali Ketika Mimpi Buruk
Jika bermimpi buruk, hendaknya meludah tiga kali ke sebelah kiri dan berlindung kepada Allah dari keburukannya. Abu salamah bin Abdurrahman mendengar Abu Qatadah bin Rab’i berkata,”Saya mendengar Rasululah bersabda,”Mimpi itu dari Allah dan lamunan itu dari setan. Jika salah seorang di antara kalian bermimpi buruk hendaknya ia meludah ke sebelah kiri tiga kali ketika ia bangun, dan berlindung kepada Allah dari keburukannya maka tidak akan berbahaya baginya, Insya Allah.” (Bukhari dan Muslim)

4. Berdo’a Ketika Keluar Dari Rumah
Barangsiapa yang mengucapkan ketika keluar dari rumahnya Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi la haula wala quwwata illa billahi (Dengan menyebut nama Allah saya bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan-Nya), maka akan dikatakan kepadanya,”Cukup anda telah mendapatkan perlindungan dan mendapatkan petunjuk.” Setan menjauh darinya, kemudian ia mengatakan kepada teman-temannya yang lain,”Bagaimana kamu ingin menggoda seseorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dilindungi Allah.” (Shahih al-kalimu thayyib No.45)

5. Dzikir Kepada Allah Ketika Masuk ke Rumah dan Hendak Makan
Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah bahwasanya ia mendengar Rasulullah bersabda,”Jika salah seorang di antara kalian masuk rumahnya kemudian ia menyebut nama Allah ketika ia masuk an ketika hendak makan, maka setan berkata,”Kalian tidak ada kesempatan untuk menginap di rumah ini dan tidak pula mendapatkan makan malam.” Tetapi jika ia tidak nama Allah ketika masuk maka setan berkata, “Kalian mendapatkan kesempatan untuk menginap.” Jika ia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan malam, maka setan mengatakan, “Kalian mendapatkan kesempatan menginap dan makan malam.” (Muslim)

6. Berdo’a Ketika Masuk Masjid
Ketika seseorang masuk masjid, maka disarankan membaca:
A’udzu billahil ‘azhimi biwajhihil kariimi wa bisulthanihil qadiimi minasy syaithaani ar-rajiim. (Aku berlindung kepada Allah yang maha agung, demi wajahnya yang mulis, kekuasaan-Nya yang terdahulu dari syetan yang terkutuk) (Abu Daud)

7. Ketika Dialunkan Adzan
Jika dialunkan adzan setan-setan lari terbirit-birit sambil kentut sehingga ia tidak mendengar adaan. Setelah selesai adzan mereka datang kembali. Dan jika dikumandangkan iqamat mereka lari kembali. Setelah usai iqamat datang kembali sehingga merasukkan ke dalam jiwa seseorang dengan mengucapkan “Ingatlah hal ini, Ingatlah hal ini!” yang sebelumnya ia tidak mengingatnya hingga ia tidak menyadari sampai berapa rakaatkah ia shalat.” (Bukhari Muslim)

8. Ketika Seseorang Berlindung Kepada Allah Dari Godaan Setan

Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindunan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang maha mendengar lagi maha mengetahui.” (Fushshilat:36)

9. Ketika Dalam Shalat
Dari Utsman bin Abu ‘Ash ia berkata, “Sesungguhnya setan itu menghalangi antara aku dan shalatku sehingga bacaanku dalam shalat salah. Rasulullah bersabda itu,”Adalah setan yang bernama Khanzab, jika kamu menemui hal itu maka  berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya dan meludahlah kesebelah kiri tiga kali.” Kemudian utsman melakukannya dan Allah melenyapkan setan darinya.” (Muslim)

10. Jika dalam Keraguan
Dari Abu Zamil bahwa ia mengatakan kepada Ibnu Abbas,”Jiwa saya pernah merasakan keraguan.” Maka Ibnu Abbas mengatakan “Jika kamu merasakan hal itu, maka ucapkanlah:

Dialah yang awal dan yang akhir, yang dzahir dan yang bathin dan dia maha mengetahui segala sesuatu.” (Abu Dawud dan menurut syaikh Albani merupakan hadits hasan, Al-Kalimu Thayyib no. 135)11. Ketika Mendapat Musibah
Rasulullah bersabda:
Seorang mukmin yang kuat itu lebih baik daripada seorang mukmin yang lemah, tetapi keduanya ada kebaikan. Bersemangatlah pada perbuatan yang memberi manfaat kepadamu. Mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu lemah. Jika anda tertimpa musibah janganlah mengucapkan “Jika saya melakukan begini-begini” tetapi katakanlah “Qadarullah wa maa syaa a fa’ala (Allah telah mentakdirkan sesuai kehendaknya). Karena kata “lau ” (Seandainya) itu membuka perbuatan setan.” (Muslim)

12. Berdo’a Ketika Berhubungan Badan
Rasulullah bersabda:
Jika salah seorang di antara kalian bersenggama dengan istrinya ucapkan:

(Ya Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah dari setan apa yang telah engkau rezekikan kepada kami), kemudian ditakdirkan mempunyai anak, maka tidak akan berbahaya selamanya.” (Bukhari dan Muslim)13. Ketika Marah
Rasulullah bersabda:
Aku akan mengajarkannya kalimat jika ia mengatakannya pasti kemarahannya akan reda. Jika ia mengatakan A’udzubillahi minasy syaithaaanirrajiim (Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk). Pasti kemarahannya akan reda.” (Bukhari dan Muslim)

14. Ucapkan Basmalah
Diriwayakan oleh Abu Mulaih dari seseorang berkata “Saya berada di belakang Nabi kemudian kendaraannya tergelincir dan saya mengucapkan , “Celakalah setan,” maka Beliau bersabda, “jangan kamu mengucapkan setan. tetapi jika kamu mengucapkan kalimat itu, setan akan membesar sehingga sebesar rumah sehingga ia berkata “karena kekuatan saya.” Tetapi ucapkan bismillah (dengan nama Allah) jika kamu mengucapkannya maka setan akan mengecil sehingga sebesar lalat.” (Abu Daud)

15.  Berdoalah dengan Keberkahan
Rasulullah bersabda:
Jika salah seorang di antara kalian melihat sesuatu yang mengherankan baik mengenai jiwa atau pun hartanya, hendaknya ia mendoakannya dengan keberkahan karena penglihatan itu benar,” (al Kalimu Thayyib no. 243, 124)

16. Bacalah al-Muawidzatain
Dari Abi Said ia berkata bahwa Rasulullah berlindung dari jin dan ‘ain manusia (Pandangan mata yang menyebabkan sakit dengan izin Allah) sehingga turun dua surat al-Muawadzatain (Al-Falaq dan An-Naas). Setelah keduanya turun beliau mengamalkannya dan meninggalkan selainnya.” (Tirmidzi)

17. Lakukan Sujud Tilawah
Rasulullah bersabda:
Jika anak adam membaca ayat sajadah hendaknya ia sujud. Jika demikian setan akan keluar darinya dengan menangis seraya berkata “Celaka aku, ia diperintahkan sujud dan ia pun sujud maka ia masuk surga tetapi saya diperintahkan sujud tetapi saya enggan, maka saya masuk neraka.” (Ahmad)

18.  Bacalah Surat Al-Baqarah
Rasulullah bersabda:
Janganlah kalian menjadikan rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah.” (Muslim)

19.  Bacalah Al-Quran
Pada suatu malam rasulullah keluar. Ternyata beliau menemui Abu Bakar sedang menunaikan shalat dengan merendahkan suaranya dan  menemui Umar bin khattab sedang shalat dengan meninggikan suaranya. Ketika mereka berkumpul beliau bersabda, “Hai Abu Bakar, saya menemukanmu sedang shalat dengan merendahkan suaramu.” Ia berkata,  “Saya memperdengarkan kepada dzat yang saya sedang bermunajat kepada-Nya, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda kepada Umar, “Wahai Umar, aku menemuimu sedang menunaikan shalat dengan meninggikan suaramu.” Ia menjawab, “Wahai Rasulullah, saya melakukan demikian untuk membangunkan orang yang sedang tidur lelap dan mengusir setan.” Rasulullah bersabda, “Hai Abu Bakar tinggikan suaramu sedikit dan kamu wahai umar rendahkan suaramu sedikit.” (Abu Daud)

20.
Gerakkan jari telunjuk ketika tasyahud dalam shalat
Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Rasulullah bahwasanya beliau menggerakkan jarinya berdoa dengannya seraya bersabda:
Ia lebih keras menghalau setan dari pada besi yaitu jari telunjuk.” (Ahmad)

sumber http://www.metafisis.wordpress.com

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: