JAS MERAH : JAngan Suka MElupakan sejaRAH


JAS MERAH…!!!

Bagi yang suka sejarah dan sastra, postingan kali ini tentang sejarah dan sastra. Terutama sejarah Majapahit, Pajajaran, Jayabaya, Ronggo warsito dan Siliwangi. Ceritanya sih ..saya memang suka sejarah dan cerita 2 rakyat dan suka mempelajarai sejarah dari suatu bangsa. Selain sejarah saya juga suka sastra seperti puisi dan pantun. biarpun semuanya hanya sekedar suka lho..bro tidak mendalam gitu…hee

Tapi mohon maaf artikel yang saya lampirkan dibawah ini saya dapat dari browsing ketika saya belum punya blog ini, jadi harap maklum sumber nya nggak nggak ditulis. Lewat tulisan ini saya mohon izin untuk posting artikel2 dibawah kepada yang punya tulisan/artikel originalnya. semoga dengan saya posting kembali, kebaikan akan mengalir untuk anda dan saya, dan banyak orang yang bisa memanfaatkannya lagi.

Satu hal yang ada di dalam benak pemikiran sejarah yang perlu di perhatikan untuk pembaca sejarah ato ini adalah point-point saya tentang sejarah:

  1. Jangan telan mentah-mentah sejarah, karena belum tentu benar 100%.
  2. Sejarah banyak dimanfaatkan penguasa saat itu untuk kepentingan tertentu.
  3. Bahkan sejarah dan sastra bisa dimanfaatkan untuk tujuan jahat seperti penghancuran karakter seseorang, suatu bangsa dan bahkan agama.
  4. Baca dengan baik2 sejarah dan sastra, banyaklah mencari sumber2 pembanding untuk keobyektifan.
  5. Ambil nilai nilai yang baik darisejarah dan sastra dan tinggalkan yang tidak baik.
Dari berbagai tulisan di bawah ini ada simpul merah di belakang para penulis yang menurut saya perlu diapplous bahwa mereka menginginkan Indonesia ini jaya atau Indonesia Raya atau indonesia yang lebih baik. Terlepas dari beberapa orang atau komentar pembaca yang memandang sinis dan menampakkan kebencian antar ras karena sejarah yang mereka baca atau cerita turun temurun sehingga menjadi bongkahan kebencian diantara dua ras besar di jawa, padahal belum tentu sejarah yang kita tahu ini adalah sebuah kebenaran secara de facta.
Dan yang lebih penting negara dengan kebesaran dan kekayaan berbagai sumber alam,  pulau, suku, budaya, agama, adat istiadat ini kenapa sekarang menjadi negri yang carut marut bahkan negara dengan hutang terbesar di dunia ?

Nah ini beberapa sejarah dan sastra yang saya dapat dari browsing silakan anda baca disini.

1. Kitab Dharmogandul

2. Kitab Musarar Jayabaya

3. Kitab Negara Kertagama

4. Kitab Negara Kertagama 2

5. kitab negara kertagama 3

6. Ramalan 7 satrio ronggowarsito

7. Ramalan joyoboyo

8. Ramalan ronggowarsito

9. Ramalan Sabdo Palon

10. Sriwijaya-dan-melayu

11. Uga Wangsit Siliwangi

12. Rokaat Terakhir

13. SEJARAH TATAR SUNDA IV

14. Silsilah raja-raja jawa

Ini bro.. sumber2 yang bisa saya lacak, baru ketemu nih sama blognya nurahmad semoga beliau mengijinkannya…artikelnya saya posting lagi…

sumber :

http://nurahmad.wordpress.com/rokaat-terakhir/

http://religi.wordpress.com

http://www.wonosari.com/t815-ramalan-joyoboyo

http://talijiwo.blogspot.com/2010/03/sabdo-palon-noyo-genggong.html

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

