Tips-Tips Menurunkan stress


Stress tanpa kita sadari ternyata menjangkiti banyak orang. Dan bahkan kita tanpa sadar telah terkena stress juga. Banyak factor yang mempengaruhi dan menyebabkan timbulnya stress. Dari masalah keluarga, pekerjaan, keadaan ekonomi, kelelahan fisik ataupun kelelahan fsikis.

Penanganan stress yang terbaik adalah jika kita tahu penyebab stress tersebut, dan kita bisa menghilangkan penyebabnya itu. Untuk tahu bahwa kita sedang stress kita harus rajin, peka dan peduli terhadap diri kita dan tubuh kita. Peduli untuk merasakan apa yang terjadi dengan diri kita sendiri. Disitulah akan muncul insting dalam membaca kondisi tubuh kita.

Berikut ini tip-tips untuk menurunkan stress yang saya dapat dari pengalaman pribadi, dari membaca dan dari obrolan santai dalam berbagai kesempatan dengan banyak orang. Yang akhirnya saya bisa rasakan manfaatnya sehingga lebih enjoy dalam menikmati hidup ini. Kunci utamanya adalah lebih peka dan peduli terhadap kondisi kesehatan tubuh.

Tips ini praktis dapat anda laksanakan dan hemat tidak perlu biaya, yang penting kontinyu dan anda mempunyai keinginan untuk lepas dari stress dan membuangnya jauh-jauh.

Tips Menurunkan Stress

  1. Olah Raga. Lakukan olah raga seminggu 2 kali misalnya. Sesuaikan kekuatan fisik anda dengan jenis ola raga yang akan anda lakukan. Olah raga apapun menurut saya sangat baik untuk stress dan kesehatan kita. Kalau saya 3 tahun terakhir ini melakukan olah raga Bulu tangkis/badminton kadang2 ngajak anak berenang di swim pool. Dampak yang saya rasakan tubuh dan fikiran sehabis olah raga adalah fresh, bahkan makan pun juga nikmat bro..
  2. Lupakan permasalahan berat. Cari topik pembicaraan yang lain yang lebih ringan agar fokus pikiran anda tidak ke masalah yang berat yang anda alami. Cukup susah memang melupakan suatu masalah apalagi jika anda seorang yang realistis dan bertanggung jawab, yang pantang lari dari tanggung jawab dan kenyataan. Untuk itu saya sarankan untuk mencoba, mencoba dan mencoba melupakan masalah dan mengganti dengan fikiran yang lebih baik. Ada ide gila, secara simple teknik ini saya sebut dengan menjadi orang yang cuek bebek ato slonong boy aja…tetapi bukan dalam arti 100 % seperti kata-kata itu. hal ini hanya untuk melatih kita melupakan masalah dan untuk kemudian kita terbiasa meng-handle masalah dengan cuek tadi…
  3. Ambil tanggung jawab secukupnya. Hal ini sering terjadi dan menimbulkan masalah berat dalam fikiran anda jika anda mengambil tanggung jawab dan peran yang lebih dalam suatu masalah, pekerjaan, amanat taupun tanggung jawab lainnya. Misalnya masalah keluarga, berfikirlah ringan karena ada saudara dan orang tua yang memikirkannya walaupun kita tidak 100 % melepasnya. Masalah pekerjaan jangan ambil tanggung jawab yang besar, berfikirlah ringan karena tanpa anda pun pekerjaan dalam perusahaan tetap akan jalan, jadi santai aja kali..normal-normal saja begitu senior saya bilang. Mengambil tanggung jawab yang terlalu besar sering membuat kita tegang dan stress, so ambil tanggung jawab secukupnya saja…
  4. Sabar tawakal dan mohon kekuatan kepada Allah. Berlatih sabar adalah sesuatu yang berat sebab sabar memerlukan energy 2x lebih besar dibandingkan energi untuk emosi. Nah bagi anda yang muslim melakukan puasa sunnah adalah ide yang sangat bagus untuk penanganan stress. cukup puasa senin kamis aja dulu, setelah OK tambah puasa tengah bulan, puasa milad / weton atau kalua anda siap puasa nabi Daud bro sehari puasa sehari enggak. mantap kan? bagi non muslim no 5 boleh dicoba.
  5. Jangan suka marah-marah. Marah- marah membuat otot sekitar leher dan kepala menjadi tegang dan ini kondisi tidak bagus untuk aliran darah ke kepala. Belum lagi anda mengingat masalah yang lain ketika marah. Jadi sebaiknya anda berfikir untuk tidak marah. Marah juga adalah sebuah energy kalau anda bias manfaatkan untuk hal yang baik misalnya ; awalnya mau marah ke anak tapi ubahnlah untuk menasehati anak itu akan lebih baik karena anda dengan begitu cooling down terhadap diri sendiri. Wong jowo bilang sing sabar, ngeyem-eyem awake dhewe … yo tho…
  6. Mandi air hangat. Nah yang ini untuk stress yang diakibatkan oleh kelelahan fisik. Seperti bekerja berat atau aktifitas olah raga yang melelahkan. Yang pernah saya rasakan adalah punggung dan pundak kaku dan tegang, biasanya hal ini menyebabkan kita cepat marah dan stress. Nah kalau sudah terasa seperti  ini cepat2 anda mandi dengan air hangat. O..ya ada tips tambahan bro..sebelum mandi usahakan kaki direndam sebatas mata kaki dengan air hangat pula, usahakan air yang agak hangat selama 10-15 menit. Baru kemudian anda mandi dengan air hangat. Dampaknya tubuh fresh, otot kendor,  peredaran darah lancer dan tidk ketagihan sperti kalau kita pijat dan urut ke tukang urut. Dan lagi dengan mandi air hangat efeknya lebih lama dibanding dipijit dan diurut.
  7. Refreshing / Rekreasi. Rekreasi bisa memberikan relaksasi terhadap fikiran, memberikan pandangan mata baru (new view) sehingga memperbarui memori fikiran kita. Diharapkan dengan rekreasi kita bisa bercanda, tertawa, menikmati makanan dan minuman, menikmati alam dan akhirnya bisa melupakan masalah dan meredakan stress yang ada.
  8. Wisata Kuliner. Yang ini hampir sama dengan rekreasi hanya saja anda mengkhususkan pergi ke tempat makan yang baru yang belum anda kunjungi. Dengan menu baru dan suasana baru nikmatilah semua yang ada dengan ras syukur yang dalam. Ajaklah teman bila diperlukan, sehingga anda punya teman untuk ngobrol dan berbagi.
  9. Curhat. Masalah dan stress yang anda alami dapat anda ceritaknan ke orang lain. Hal ini terbukti akan mengurangi beban masalah atau stress anda sebesar 50% ( berdasarkan pengalaman pribadi saya  ). Syukur-syukur orang tersebut bisa memberikan solusi atas masalah kita. Yang perlu diperhatikan ketika anda curhat ke orang lain, carilah teman atau saudara yang benar2 anda yakini bisa menjaga rahasia dan kalu bisa punya wawasan yang luas sehingga nantinya bisa memberikan solusi.

Ok bro mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, kalau ada pengalaman baru tentang stress relaxation akan saya update postingannya atau anda punya pengalaman yang bisa dibagi silakan tulis di komentar bro..

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

One Response to Tips-Tips Menurunkan stress

  1. Pingback: Pantangan dan Anjuran Penderita Ambien/wasir | wikisopo

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: