Tips Memenuhi Kebutuhan Serat Harian


Anda mungkin tahu bahwa serat penting untuk memelihara kesehatan pencernaan. Tapi, apakah Anda bisa memastikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari cukup kebutuhan seratnya?

 Berapa banyak serat yang Anda butuhkan? Perempuan membutuhkan 25 gram serat per hari dan laki-laki harus mendapatkan 38 gram per hari, menurut rumus Institute of Medicine berdasarkan aturan mendapatkan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori.

 Konsumsi lebih banyak sayuran, kacang-kacangan, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan, merupakan salah satu cara untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian.

 Sumber serat utama antara lain kacang-kacangan (semua jenis), kacang polong, kacang lima, kacang kedelai, buncis, kacang polong bermata hitam, artichoke, tepung gandum, barley, bulgur, jagung, dedak, raspberry, blackberry, dan buah prem.

 Sumber serat dari sayuran dan buah meliputi: selada, sayuran hijau gelap, brokoli, okra, kembang kol, kentang manis, wortel, labu, kentang, jagung, asparagus, kubis, pasta gandum utuh, popcorn, kacang, kismis, pir, stroberi, jeruk, pisang, blueberry, mangga, dan apel.

 Sebaliknya, hindarilah terigu, pasta putih, dan nasi putih. Gantilah dengan gandum untuk meningkatkan jumlah serat dalam diet Anda.

Masih tidak yakin makanan Anda kurang serat? Berikut tujuh cara untuk menambahkan serat ke dalam diet Anda seperti dilansir WebMD:

 1. Sarapan dengan sereal gandum yang mengandung setidaknya 5 gram serat, misalnya dari biji-bijian seperti gandum atau gandum utuh.

 2. Bacalah label dan pilihlah makanan yang mengandung beberapa gram serat per porsi. Sebuah sumber serat yang baik mengandung 2,5 – 4,9 gram serat per porsi. Sebuah sumber yang sangat baik memiliki 5 gram serat atau lebih per porsi.

 3. Konsumsilah roti gandum dengan setidaknya 2-3 gram serat per iris untuk sandwich.

 4. Pilih buah utuh atas jus. Buah utuh dapat memiliki sebanyak dua kali jumlah serat dibandingkan segelas jus.

 5. Tambahkan kacang ke dalam sup Anda.

 6. Cobalah masakan internasional (seperti India atau Timur Tengah) yang menggunakan biji-bijian dan kacang-kacangan dalam hidangan utama.

 7. Buatlah camilan sebagai kesempatan untuk menikmati makanan tinggi serat. Misalnya, camilan sayuran mentah dengan saus kacang.

Mungkin Anda cemas bahwa konsumsi serat  akan menyebabkan gangguan pencernaan. Solusinya mudah kok. Untuk menghindari kembung, gas, dan masalah pencernaan, tingkatkan serat dalam diet Anda secara bertahap dan minum banyak air, karena serat menyerap air.

Aturan praktis yang baik adalah tingkatkan jumlah serat dalam diet Anda dengan sekitar 5 gram serat sehari sampai Anda mencapai tujuan yang diharapkan.(go4/*)

 Source : sorry, belum copas

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

One Response to Tips Memenuhi Kebutuhan Serat Harian

  1. Pingback: Pantangan dan Anjuran Penderita Ambien/wasir | wikisopo

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: