Mengatasi Keringat Berlebih.


Bro, saya termasuk orang yang cukup berkeringat apalagi kalau saya ada aktifitas, yang kecil sekalipun, dampaknya keringat bercucuran. Bahkan di ruang AC pun tak jarang saya berkeringat lho. Dari pengalaman saya ada tiga hal yang perlu anda perhatikan untuk mengendalikan keringat berlebihan, yaitu :

1. Pelajari pola stress anda (apa pemicunya dan buang jauh-jauh tress anda)
2. Pelajari pola makan anda ( hindari makanan pedas, konsumsi makanan sehat)
3. Lebih aktif dalam berolah raga. ( minimal seminggu sekali olah raga kali 1 jam).

Selebihnya tips-tips untuk mengatasi keringat berlebih dapat anda baca dari tulisan dibawah ini oleh-oleh saya berselancar di dunia maya, semua ini untuk anda pembaca http://www.wikisopo.wordpress.com semoga bermanfaat selamat membaca…
Berkeringat saat cuaca panas dan sehabis berolah raga adalah sesuatu yang normal. Namun, bagaimana jika keringat yang keluar itu berlebihan? Rasa malulah yang bisa anda rasakan.
Keringat berlebihan selain menimbulkan bau badan yang tidak enak juga dapat menjadi sarana yang baik untuk tumbuh dan berkembangnya jamur. Tentu rasa malu akan bertambah jika tubuh anda selain berkeringat juga ditumbuhi jamur alias panu.
Berikut beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keringat yang berlebihan.
1. Gunakan deodoran dan antiperspirants.
Kedua benda ini kadang dijual dalam satu produk dan bisa dengan mudah kita dapatkan di warung warung. Ada beberapa yang perlu resep dokter terutama yang mengandung bahan bahan khusus untuk pengobatan.
2. Gunakan deodoran pada saat yang tepat.
Umumnya orang menggunakan deodoran pada pagi hari sebelum beraktifitas. Tahukah anda bahwa waktu yang paling tepat menggunakan deodoran adalah pada malam hari? Bila anda menggunakannya pada pagi hari maka saat berkeringat, bahan yang terkandung dalam deodoran akan ikut terbawa oleh keringat sehingga tidak menyerap dengan sempurna.
3. Lindungi kulit anda.
Selain keuntungan diatas, menggunakan deodoran di malam hari juga akan mencegah terjadinya iritasi kulit akibat pemakaian deodoran yang berlebihan.
4. Gunakan pakaian yang menyerap keringat saat olah raga.
Gunakan pakaian yang berbahan katun saat berolah raga karena sifatnya yang ringan dan menyerap keringat.
5. Belilah pakaian yang khusus buat olah raga.
Kalau memang ada dana, belilah pakaian yang memang khusus dibuat untuk olah raga sebab pakaian jenis ini memang diciptakan secara khusus agar dapat menyerap keringat.
6. Gunakanlah pakaian olah raga sekali saja.
Jangan menggunakan pakaian olah raga secara berulang ulang. Cucilah dahulu sebelum digunakan kembali.
7. Gantilah kaus kaki sesering mungkin.
Jika kaki anda berkeringat, gantilah kaus kaki sesering mungkin. Bekas keringat yang mengendap pada kaus kaki akan menjadi tempat hidup jamur dan kuman yang ideal.
8. Gunakan bedak pada kaki.
Menggunakan bedak pada kaki akan menyebabkan kaki anda tetap kering dan mengurangi produksi keringat.
9. Bawa sapu tangan.
Bawa dan fungsikan sapu tangan setiap saat jika anda memang merasa memiliki keringat yang berlebihan.
10. Hindari memakai pakaian ketat.
Hindari penggunaan pakaian ketat saat bekerja terutama pada saat cuaca panas. Semakin ketat pakaian yang anda gunakan maka akan semakin terasa panas.
11. Gunakan pakaian dalam.
Menggunakan pakaian dalam pada laki laki cukup ampuh untuk mengurangi keringat yang membasahi pakaian yang terlihat dari luar.
12. Hindari makanan pedas di siang hari.
Mengkonsumsi makanan pedas saat makan siang dengan cuaca yang panas akan menyebabkan tubuh anda berkeringat.
13. Bacalah label pakaian dengan teliti.
Ingat selalu untuk membaca label yang tertera pada pakaian sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Pilihlah yang berbahan katun agar penyerapan keringat lebih bagus.
14. Pilihlah warna pakaian dengan bijak.
Menggunakan pakaian yang berwarna keputihan di siang hari adalah langkah bijak bila anda memiliki masalah dengan keringat. Tidak seperti warna yang lain, warna putih akan menyamarkan keringat
15. Gunakan sprei yang menyerap keringat.
Bila anda mempunyai masalah keringat saat tidur, pilihlah sprei yang ringan dan menyerap keringat.

TIPS : MENGATASI KERINGAT BERLEBIHAN
Apakah Anda sering bermasalah dengan keringat? Keringat yang berlebihan dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, kurang percaya diri, dan bahkan membuat malu…. apalagi ketika keluarnya pada saat yang tidak tepat, seperti wawancara kerja, meeting dengan boss, ohhhh…..
Biasanya keringat akan mengalir deras disaat cuaca panas atau ketika Anda merasa tegang dan gelisah. Diperlukan beberapa strategi khusus untuk dapat menghentikan atau setidaknya mengurangi kelebihan keringat tersebut. Berikut tips efektif yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan :
1. Hindari mengkonsumsi makanan pedas.
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam makanan pedas dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga otak bereaksi cepat dan mengeluarkan keringat berlebih. Karena itu hindari asupan jenis makanan ini, jika tak ingin tubuh berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap.
2. Diet yang tepat disertai dengan olahraga di yakini dapat mengurangi keringat berlebih.
Umumnya mereka yang mengalami obesitas cenderung mudah berkeringat dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal. Asupan makanan yang berlebih ditengarai sebagai pemicunya. Makanan tersebut sulit dicerna sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih keras dan suhu tubuh pun memanas. Mulailah mengganti menu makanan tidak sehat Anda dengan berbagai jenis sayur-mayur dan buah-buahan, agar tubuh mudah mencernannya.
3. Minuman berenergi dan kopi dapat menyebabkan masalah keringat.
Bahkan kedua jenis minuman ini diyakini dapat mempercepat laju sistem saraf, yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu disarankan sebaiknya Anda mengurangi jumlah asupan kopi, maksmial 2 kali dalam sehari.
4. Mengkonsumsi buah anggur adalah metode herbal yang patut dicoba untuk mengurangi pengeluaran keringat.
Buah anggur diklaim memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jus anggur sama baiknya dengan jus tomat yang berfungsi untuk menghilangkan keringat secara alami.
5. Kenakan busana yang terbuat dari bahan non-sintesis.
Bahan kantun atau kaos dapat menjaga sirkulasi udara sehingga tubuh mudah bernapas. Jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat berlebih, sehingga menghindari tubuh dari bau tak sedap.
Gampang bukan? Nah, selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Resource : drarief.com – blogdokter.com

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

2 Responses to Mengatasi Keringat Berlebih.

  1. memang semua yang diatas benar tapi yang paling utama itu hilangkan strees,karna pemicu utamanya adalah strees,,cobalah santai disetiap anda melakukan kegiatan,,,santai itu akan sangat beguna

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: