TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI BAU MULUT


Ini adalah dua tulisan yang saya dapatkan dari browsing, kebetulan saya juga punya problem dengan bau mulut. Sampai saat ini masalah saya juga belum teridentifikasi secara jelas. Tetapi yang paling rasional adalah kebersihan mulut saya yang mungkin belum terjaga dengan baik sebagai penyebabnya dan sistem pencernaan yang kurang sehat. Tulisan ini saya anggap cukup bagus sehingga saya fikir perlu untuk di bagikan kepada anda semua. Selamat membaca….

A. 7 CARA MENCEGAH BAU MULUT

Selama menjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Masalah yang kerap terjadi menjadi hambatan dalam pergaulan dan membuat minder.

Saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya timbul halitosis atau bau mulut.

Bau mulut juga dapat disebabkan penyakit sistemis seperti liver, lambung, saluran pernapasan serta ginjal akut. Sedangkan penyakit gigi dan mulut penyebab napas tak segar di antaranya gigi berlubang, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis.

Sebenarnya bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu dirisaukan. Simak beberapa tips sederhana mencegah bau mulut selama puasa, seperti dikutip dari holisticcare-dentalclinic.

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dan lidah secara benar. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25 persen karena memicu risiko kanker rongga mulut.

2. Periksa ke dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali. Bila ada waktu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.

3. Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

4. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.

5. Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

6. Perbanyak konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Ini untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

7. Asup makanan probiotik seperti yogurt yang memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.

B. 5 CARA MENGATASI BAU MULUT DENGAN OBAT TRADISIONAL

Bau mulut yang tidak sedap dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: sisa makanan yang dikeluarkan melalui pernapasan atau yang tersimpan di sela-sela gigi, peragian sisa makanan pada gigi, gigi berlubang, penyakit hati, peradangan gusi dan lain-lain.

Untuk mengatasi bau mulut harus dicari penyebabnya terlebih dahulu. Untuk mengatasi bau mulut yang kurang sedap dapat digunakan ramuan-ramuan sebagai berikut:
1. 10 lembar daun sirih direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya digunakan untuk berkumur-kumur.
2. 10 butir kapulaga dan 30 gram daun pegangan direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya diminum selagi hangat.
3. 15 gram daun beluntas, 2 butir kapulaga, 1 sendok teh adas, dan garam secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, kemudian diminum selagi hangat.
4. 25 gram kencur direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Air rebusannya diminum selagi hangat. Atau, dapat juga dikunyah, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
5. 1 genggam bunga belimbing wuluh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Setelah dingin, disaring, kemudian digunakan untuk berkumur-kumur.
Catatan:
Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Source : www.tanaman-obat.com  & http://www.bionaturally.net/2010/08/7-cara-mengatasi-bau-mulut-saat-puasa.html#ixzz0yMWU8WL2

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: