Bisul Dan Pengobatannya


Anda pernah mengalami bisul? Penyakit ini memang hanya merupakan foliker kecil pada kulit, namun rasa nyeri yang diakibatkan sering membuat orang tidak tahan. Nyeur-nyeuran nggak karuan tak jarang bahkan menimbulkan demam dan menghilangkannafsu makan bro…

Hal itu yang dirasakan Novi Diah (30). Ibu tiga anak tersebut pernah menderita bisul di pantatnya. Malah itu terjadi saat dia akan melahirkan anak keduanya. “Jadi benar-benar menderita,” ujarnya.
Rasa sakit, kata Novi, baru hilang ketika bisul pecah dan mengeluarkan nanah. “Kalau sudah pecah, dipencet, baru agak ringan,” ungkapnya.
Menurut dr Ida Yuliati MHKes, bisul adalah radang pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya. Penyebab tersering adalah bakteri—biasanya staphylococcus aureus.

Karena itu, bisul dapat juga diartikan sebagai infeksi lokal pada kulit dalam. “Awalnya hanya folikel rambut yang terinfeksi. Tetapi karena adanya gesekan, iritasi, dan kurang bersihnya perawatan tubuh, infeksi tersebut dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan menjadi bisul,” ujar Ida.
Bisul biasanya berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama-kelamaan akan menjadi lebih keras. Kemudian di tengah benjolan tersebut akan terbentuk puncak berwarna putih yang akan memecah. Namun ada kalanya bisul harus mendapatkan proses pembedahan minor, untuk mengeluarkan cairan yang disebut nanah.
“Cairan nanah yang ada dalam bisul pada dasarnya merupakan sel darah putih. Nanah terbentuk dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan bakteri yang menginfeksi daerah kulit yang terjadi bisul,” jelas Ida.
Ida menyebutkan, bisul juga dapat disebabkan tersumbatnya kelenjar minyak, yang kemudian terinfeksi. Bisul seperti itu dinamakan akne kista, biasanya terjadi di kulit wajah para remaja. Ada juga bisul yang disebut hidradenitis suppurativa yang disebabkan radang lokal kelenjar keringat.

Biasanya bisul yang timbul lebih dari satu buah, lokasinya di daerah ketiak atau pangkal paha. Ada lagi bisul yang disebut kista pilonidal, biasanya terjadi di lipatan bokong. “Awalnya hanya berupa infeksi di folikel rambut, kemudian ditambah dengan iritasi dari tekanan karena duduk terlalu lama,” jelas kepala RSUD A Manaf Kota Jambi tersebut.
Adapun tempat yang paling sering terjadi bisul adalah di daerah tubuh yang banyak terjadi gesekan, misalnya ketiak dan bokong.
Bagaimana jika bisul terjadi berulang-ulang? Ida mengatakan, jika terjadi berulang-ulang, harus dicari penyebab dasarnya. “Sebaiknya diperiksakan ke dokter,” kata Ida.
Ada kalanya bisul dilatarbelakangi penyakit tertentu, seperti kencing manis, penyakit ginjal berat, dan penyakit berat lainnya. “Jadi perlu pemeriksaan Khusus,” sebutnya.(nid)
Kompres dengan Air Hangat

BAGI yang pernah mengalami bisul, tentu tahu rasanya sakit sekali. Penanganan yang baik akan membantu meringankan rasa nyeri tersebut.
Menurut dr Ida Yuliati MHKes, untuk pengendalian awal, yang dapat dilakukan bila sudah terlihat akan terjadi bisul, adalah segera kompres dengan air hangat. “Fungsinya meningkatkan sirkulasi darah ke tempat tersebut,” kata Ida. Pengobatan dengan cara pemberian krim atau salep antibiotik. Namun pemberian krim atau salep tersebut harus dengan resep dokter, agar sesuai dengan penyebab bisul.
Namun bila tidak ada perubahan ke arah perbaikan, untuk bisul yang ada puncak putihnya, sebaiknya dikeluarkan nanahnya melalui cara biasa, seperti dipencet. Tetapi untuk bisul yang padat, sakit, dan tidak bermata, sebaiknya jangan dipijat karena tidak akan ada nanah yang dapat dikeluarkan. Bisa jadi bisul tersebut memerlukan operasi bedah minor.
Selain itu, jika bisul yang tumbuh dalam jumlah banyak, sehingga menyebabkan deman, harus ditambah obat antibiotik. Untuk pencegahan, yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihan kulit tubuh, sehingga bisa meminimalisasi terjadinya infeksi yang bisa menyebabkan bisul.

PENGALAMAN PRIBADI
Saya mengalami bisul yang sering muncul/kambuh belakangan ini sekitar 6-8 bulan terakhir dari januari 2010 sampai sekarang. Dari pengalaman tersebut, bisul saya kemungkinan besar disebabkan oleh bakteri, karena saya termasuk orang yang berkeringat banyak sehingga badan lembab dan berminyak ( walaupun dokter mengatakan ada kemungkinan karena alergi makanan, sehingga saya disarankan untuk tidak makan telor, ikan, kacang-kacangan dan makanan yang berprotein tinggi).

Bisul saya paling sering timbul di pantat ( dan ini yang paling sakit, dan pasti saya meriang demam dan saya pasti cuti dokter alias tidak masuk kerja) bahkan sudah 5 atau 6 kali bisul yang di pantat selain di ketiak, dada, leher dan 1 kali di pipi ( seperti jerawat ). Setelah saya baca-baca artikel sana sini berikut tip untuk penderita bisul yang sering kambuh :
1. Jagalah kebersihan badan. Usahakan untuk sesering mungkin ganti baju or celana + CD ( celana dalam ) dan mandi teratur. ( biasanya saya suka tidak mandi kalau cuaca dingin )
2. Gunakan CD yang menyerap keringat contoh merek GT Man promo nihh… he3x. Catatan : saya saat ada bisul menggunakan CD fighter harmonie yang kurang menyerap keringat.
3. Konsultasikan dengan dokter anda bisul yang sering muncul. Walaupun kemungkinan besar karena bakteri, saya juga mengurangi makanan yang disarankan dokter untuk tidak dikonsumsi.
4. Cobalah obat bisul hitam. Untuk di perkotaan agak susah memperolehnya, menurut informasi di daerah pinggiran katakan di pedesaan relatif mudah memperolehnya.
5. Jika masih baru mau tumbuh kompres dan gunakan bawang putih atau kemiri yang di bakar untuk dioleskan.
6. Jika sudah besar dan meradang memang harus ke dokter untuk menghilangkan radangnya yang rasanya wow..wow..wow mak nyos.. dengan obat anti radang dari dokter.
Mudah-mudahan tulisan ini membantu anda, selamat mencoba saya juga menerapkan tip-tip ini ….lho

SUMBER: http://doktersehat.com/2010/01/09/apa-itu-bisul-bagaimana-pengobatannya/#ixzz10gyrTVT9  & pengalaman pribadi

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: