Tips Berhenti Merokok


Nikmatilah Hidupmu Tanpa Asap Tembakau

[Sebuah Pengalaman Pribadi & Pesan Buat Anda]
Awalnya saya dulu merokok/perokok ( atau bisa dibilang coba-coba untuk merokok) mulai kelas 4 SD, karena pergaulan dan pengaruh teman. Dan teman yang memberi pengaruh tersebut, bisa dibilang dari keluarga yang sedikit bronx, tapi itu tidak saya bahas karena saya akan membahas dampak atau efek rokok itu sendiri.
Banyak alasan kenapa orang merokok ? jawaban yang sering kita dengar adalah sebagai berikut :
1. Sebagai sarana untuk cari teman
2. Perekat pergaulan
3. Agar nggak dianggap lebay
4. Biar gaul
5. Agar dianggap laki-laki
6. Sebagai teman di saat stres
7. Sebagai alat pencitraan / identitas seseorang
8. dan bahkan sebagai alat untuk menikmati hidup ???

Dan masih banyak lagi alasan kenapa orang merokok, tapi apapun alasannya rokok mempunyai efek kesehatan yang tidak baik seperti yang akan saya paparkan berdasarkan pengalaman pribadi saya.
Sebagai dasar analisa saya merokok kelas 4 SD berarti sekitar umur 10 tahun dan mulai berhenti merokok 33 tahun. Dan itu berarti 23 tahun saya melewati hidup dengan merokok, walaupun saya tidak perokok berat tapi cukup merasakan dampaknya. saya paling banyak menghabiskan rokok ketika sedang berkumpul, begadang dan saat stres. Setelah kesadaran kesehatan saya timbul saya bisa mengurangi konsumsi rokok hingga hanya 1 bantang satu minggu, inipun sudah saya rasakan manfaatnya, semoga nantinya saya bisa sama sekali hidup tanpa rokok.
Awalnya saya tidak peduli dengan efek rokok, lama kelamaan setelah saya perhatikan rokok mempunyai dampak terhadap diri saya, secara ringkas dampak dampak rokok yang telah saya rasakan sebagai berikut :
1. Perut mual dan pengen muntah di pagi hari. Hal ini berlangsung cukup lama bahkan mungkin ketika awal – awal saya merokok namun saya tidak peduli.
2. Kepala pusing migrain, dan kadang-kadang fly serasa terbang ketika menjelang tidur. Estimasi lulus STM baru terasa gejala ini, berarti 6-9 tahun efek ini baru timbul.
3. Mata merah ketika bangun tidur dan rasanya sangat mengganjal ( berasa ngantuk tapi susah dipejamkan). Masa timbulnya efek ini sama dengan poin 2.
4. Sulit tidur sehingga sering begadang hingga. Masa timbulnya efek ini sama dengan poin 2 ( apalagi dibarengi dengan kondisi tubuh yang kelelahan bekerja, maka akan semakin parah)
5. Gemetaran badan di pagi hari baik sesudah sarapan atau belum. Darah diseluruh badan bagian luar seperti bergerak terbakar (nyeri di bawah jaringan kulit). Efek ini timbul sekitar 20 tahunan lebih setelah saya merokok.
6. Perut kembung karena produksi asam lambung berlebih. Efek ini saya sadari ketika 10 tahun lebih merokok.
7. Saya kebetulan ada ambien, jadi dengan adanya asam lambung yang berlebih itu timbul panas dalam. Hal ini menyebabkan ambien meradang dan sakit karena asam lambung bercampur hawa panas tubuh turun lewat anus melalui gas dan tinja. Bagi yang menderita ambien hal ini sangat sakit /nyeri dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Efek ini baru saya sadari ketika 15 tahun lebih merokok.
8. Memicu terjadinya panas dalam dan perut kembung, sehingga tinja yang keluar lembek tetapi lengket, sehingga tinja susah keluarnya, biasanya ketika terjadi seperti ini diikuti rasa nyeri dan mules perut yang lumayan wow…asyik banget.
9. Bibir kering, pecah-pecah, mudah sariawan dan biasanya menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Dari awal merokok sudah terjadi gejala ini.

Itulah 9 efek Rokok yang telah saya rasakan, semoga menjadi inspirasi untuk anda yang mau berhenti merokok. Saya tambahkan lagi bahwa sadar akan efek dan merasakan langsung dampak rokok belum tentu membuat seseorang berhenti mrokok. Dari pengalaman saya ada tip yang ingin saya bagi buat anda agar bisa mengurangi konsumsi rokok dan mudah-mudahan bisa berhenti merokok.
1. Awali dengan niat. Niat ini yang akan memotivasi anda untuk berhenti merokok. Misalnya anda bisa mengurangi rokok dari sehari sebungkus menjadi setengah bungkus, gak apa-apa teruskan saja, atau pernah berhenti 2 hari, 3 hari atau seminggu dan anda merokok lagi gak papa yang penting niat tetap ada untuk berhenti merokok. Orang jawa bilang pokoke niat, jadi teguhkan niat jangan pernah pupus harapan.
2. Berusahalah untuk mengerti bahaya rokok.
3. Banyaklah membaca buku / artikel kesehatan.
4. Pedulilah dengan kesehatan anda dan keluarga anda. Maksudnya biarpun anda belum bisa berhenti merokok tapi jangan merokok dalam rumah yang membuat udara dirumah tidak sehat ubtuk anda karena baunya dan tidak sehat untuk anak dan istri dan seluruh keluarga.
5. Mulailah untuk mengurangi konsumsi rokok sedikit demi sedikit seperti penjelasan poin 1.
6. Perbanyaklah makan buah dan sayur-sayuran.
7. Lakukan olah raga yang anda senangi, misalnya bulu tangkis, tenis meja, jogging atau olah raga apa saja yang bisa dapat anda lakukan ini akan membantu menjaga stamina anda, dan mengurangi nafsu untuk merokok karena anda lelah setelah berolah raga.
8. Perbanyaklah minum air putih. Dan yang paling penting adalah…
9. Mulailah menganalisa efek rokok yang terjadi pada diri anda sendiri.
Selamat mencoba..!!!
Kalau kurang yakin dengan bahaya rokok klik yang ini.

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

