Tips Membuat Kentang Goreng French Fries


Si sulung Abil ketika saya ajak makan di resto fast food, saya belikan kentang goreng. Ternyata dia suka makan kentang goreng. Bahkan dia bilang,”Enak ma kentangnya. Aku suka lho ma”. Makanya ketika saya dan keluarga hangout / makan diluar dan kebetulan ada resto fast food Abil sering saya belikan kentang goreng. Saya sampai senang melihat si Abil makan kentang goreng sambil bergumam ngiung-ngiung-ngiung-ngiung (ngglenuk : jawa red) hehehe….

Nah melihat anak senang makan kentang goreng, saya dan mamanya Abil kemudian berfikir untuk menyajikan kentang goreng dengan membuat sendiri. Tujuannya agar lebih hemat dan bisa dinikmati leluasa di rumah sendiri. Dengan membuat sendiri biasanya jumlah yang dibuat bisa lebih banyak. Dan anak-anak akan lebih puas karenanya.

Langsung saja mama Abil membeli kentang 2 Kg di pasar. Kentang kemudian dikuliti, dipotong, dicuci dan langsung digoreng begitu saja berdasarkan pengetahuannya sendiri. Walhasil, kentang sih enak dimakan tapi bentuknya nggak karuan broo, lembek dan gumpes. Untung saja ada rasa bumbu kentang yang ditaburkan mama Abil, sehingga kentang bisa dimakan. Percobaan pertama ini gagal.

Masih penasaran Mama Abil membeli lagi kentang goreng 2 kg lagi. Kentang diperlakukan dan dimasak seperti percobaan pertama, hanya ada sedikit perbedaan yang aku nggak diberitahu oleh mamanya Abil. Kentang jadi agak bagusan bentuknya. Tidak terlalu lengket, lembek dan gumpes. Tetapi secara umum belum berhasil baik. Di percobaan pertama dan kedua ini aku yang banyak makan. Si Abil nggak mau mungkin mengiranya bukan kentang goreng kali? dilihat dari bentuknya.

Saya dan istri penasaran dan hampir menyerah dan nggak akan buat menu kentang goreng lagi. Tiba-tiba ketika sedang jalan-jalan di super market istri ngasih tahu ada kentang French fries siap saji. Aku nggak percaya. Ternyata setelah saya lihat benar adanya. Kemasan kentang French fries siap saji itu beratnya 1 kg per bungkus. Harga normal Rp. 22.000 rb an, tetapi karena sedang ada diskon menjadi hanya Rp. 16.000 /kg.

Mama Abil kemudian membeli 1 bungkus kentang French fries siap saji satu bungkus. Sesampai dirumah istri menggoreng kentang itu pada sore harinya. Hasilnya wangi, cerah, bagus dan rasanya melebihi yang di resto fast food karena kentang itu di taburi bumbu kentang goreng oleh mama Abil. Soal kwantitas yang dihasilkan dibandingkan dengan membuat sendiri sangat jauh. Kentang kemasan 1 kg siap saji itu bisa di goreng 3 kali dengan jumlah yang cukup banyak untuk ukuran anak saya. Sehingga si Abil kepuasan, ngiung-ngiung lagi. Hingga saya yang mau makan selalu dibilangin sama Abil,”Pa kentangnya jangan dihabisin ya”. Maklum mungkin si Abil takut kehabisan karena rasanya sangat dia suka.

Kesimpulan :

  1. Dari pada membuat kentang goreng yang belum tahu resep dan cara memasaknya lebih baik anda membeli kentang French fries siap saji dan kemudian menggorengnya. Keuntungan kentang French fries siap saji selain dari bahan berkualitas, memasaknya juga praktis tidak repot.
  2. Tetapi jika anda penasaran tetap ingin memasak dan menyajikan kentang goreng French fries sendiri dirumah, berikut saya posting cara membuat kentang goreng French fries. Artikel ini saya telusuri ketika saya penasaran bagaimana membuat kentang goreng yang menyerupai di resto fast food. Selamat mencoba semoga berhasil dan sukses menghidangkan kentanggoreng French fries.

RESEP PERTAMA : Kentang Goreng Crispy
Bahan :
• Kentang, potong memanjang
• Garam
• Es batu
• Tepung maizena
Cara Membuat Kentang Goreng Renyah :
1. Rendam kentang selama beberapa saat dalam air garam.
2. Kemudian masukkan es batu secukupnya, rendam kembali selama 30 mnt.
3. Tiriskan kentang, lap dengan paper towel agar benar-benar kering.
4. Taburi dengan tepung maizena.
5. Kemudian goreng sampai kekuningan.
6. Dinginkan, kemudian masukkan ke dalam frezzer.
7. Pada waktu akan dipergunakan, goreng kembali hingga benar-benar matang.
8. TIPS and TRICKS : Taburkan sedikit garam pada kentang ketika digoreng kembali.
sumber :  http://kreasimasakan.blogspot.jp/2012/03/resep-kentang-goreng-renyah-french.html

RESEP KEDUA : Kentang Goreng Pedas
Berikut resep membuat kentang goreng yang renyah dan sehat untuk anda dan keluarga.

1. Iris 5 buah kentang panjang 1 cm.
2. Rendam kentang dalam air dingin selama 45 menit.
3. Lalu, potong 1 kentang manis berukuran sedang memanjang, seukuran 1 cm.
4. Panaskah oven hingga 200 derajat Celcius.
5. Tiriskan kentang yang direndam, campurkan dengan irisan kentang manis, 3 sdm minyak zaitun, garam, dan lada secukupnya.
6. Susun mendatar di loyang. Panggang hingga 40 menit, balik, lalu panggang lagi hingga warna kentang jadi kecoklatan.
sumber : http://rajaresep.com/berita-177-resep-kentang-goreng-renyah-dan-sehat.html

RESEP KETIGA : Kentang Goreng SPECIAL

1. 1 kg kentang (pilih yang berbentuk lonjong dan bundar, kalau varietas bisa pilih Russet Burbank seperti yang dipakai McD/KFC)
2. 2 siung bawang putih diiris tipis
3. 1 sdm garam (atau sesuai selera)
4. Air mentah/matang 500ml atau sampai seluruh kentang terendam sempurna.
5. Penyedap rasa, penambah aroma, atau perasa apa saja (misalnya masako atau cabe bubuk kalau mau pedas)
6. Minyak untuk menggoreng secukupnya (tips: pakai minyak sayur biar hasilnya lebih enak)
Cara memasak:
• Kentang dikupas kulitnya kemudian dicuci dengan air bersih dan diiris memanjang (kira-kira seperti di restoran fast food)
• Masukkan kentang yang telah diiris ke dalam panci, campurkan garam, bawang putih, dan air.
• Rebus hingga air dalam panci mendidih sambil diaduk. Tiriskan kentang dan siram dengan air dingin.
• Goreng kentang dalam minyak panas hingga hampir matang kira-kira 1–20 menit (hingga kentang mengeras, tapi jangan sampai kecoklatan) kemudian ditiriskan.
• Diamkan kentang yang telah digoreng tersebut hingga menjadi dingin (biasanya sekitar 1 jam), taburkan bumbu/penyedap rasa (bisa juga perasa lainnya seperti cabe bubuk) kemudian masukkan ke dalam freezer.
• Jika ingin dimasak, goreng kembali kentang tersebut sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
• Beres dech. Kentang goreng spesial siap dihidangkan panas-panas dengan sambal botolan.
• Tips: sebelum disajikan, pastikan minyak yang menempel pada kentang benar-benar hilang, caranya dengan menggunakan tissue bersih yang ditempatkan di dasar mangkuk/piring agar minyaknya cepat diserap.
• NB : Kentang yang digoreng dengan cara ini lebih awet (tidak gampang lembek) dan tentunya renyah. Selamat mencoba

sumber : http://safril.wordpress.com/2009/04/12/resep-bikin-kentang-goreng-renyah/

Kalau mau resep yang mudah dan lebih alami klik disini.

About these ads

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

One Response to Tips Membuat Kentang Goreng French Fries

  1. laycaolay says:

    Rahasia menjadi spesial ialah Anda harus percaya Anda itu spesial

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: