Forum Buruh Bogor Bersatu (FBBB)


Namanya FBBB (Forum Buruh Bogor Bersatu) identik dengan BBB nya bekasi yang punya singkatan Buruh Bekasi Bergerak. Semoga identiknya nama ini pertanda identiknya kualitas, perlawanan, perjuangan, militansinya dan jauh lebih penting lagi persatuan persamaan persepsi bahwa buruh harus bersatu bergerak dalam langkah yang terkoordinasi untuk memajukan kesejahteraan dan memajukan roda perekonomian bangsa.

FBB merupakan bentuk ketidakpuasan terhadap ABBB (Aliansi Buruh Bogor Bersatu). Setelah kinerjanya dianggap tidak membuahkan hasil. Dan ada banyak sinyalemen negatif yang mengiringi perkembangan ABB.  Dan berita miringnya ABB diisi oleh orang2 yang “gampang disuap” serta kurang militan.

Buruh Bogor mulai mengeliat setelah beberapa dekade UMK-nya selalu memble di urutan paling bawah dibandingkan dengan kota-kota se-Jabodetabek. Hal ini selain sistem penentuan upah UMK (survey pasar) oleh dewan pengupahan yang kurang fair, juga sistem keterwakilan pekerja di dewan pengupahan sarat dengan penggelembungan angka sehingga kursi FSPMI di dewan pengupahan bogor menjadi kecil, karena data anggota FSPMI adalah data real. Belum lagi tersiar kabar juga bahwa salah satu pengurus PC FSPMI Bogor terdahulu, tersangkut skandal suap UMK. Sehingga membuat UMK Bogor semakin terpuruk  saja.

Sehingga dengan jumlah kursi kecil di dewan pengupahan ini FSPMI selalu kalah jika terjadi voting. Makanya salah satu cara untuk mendobrak sistem penentuan (survey pasar) dan angka upah di dewan pengupahan Bogor FSPMI harus mempunyai jumlah anggota yang banyak sehingga keterwakilan kursi di dewan pengupahan juga akan bertambah. Diharapkan dengan jumlah kursi di dewan pengupahan yang signifikan FSPMI Bogor bisa mempengaruhi suara dewan pengupahan dan membawa nasib buruh pabrik menjadi lebih baik dari sekarang.

Dalam 3 dekade terakhir jumlah anggota FSPMI Bogor mengalami peningkatan dengan masuknya beberapa perusahaan di daerah Cileungsi dan kawasan industri menara permai diantaranya :

  1. PT. CGA
  2. PT. Lintech
  3. PT. Philips
  4. PT. Indomitra Sedaya
  5. PT. FIM (Federal Izumi Manufacturing)
  6. PT. Sumber Alfa Trijaya (alfamart)

Yang menarik untuk disimak adalah alasan perusahaan2 diatas untuk masuk bergabung ke FSPMI. Alasan tersebut memang logis mengingat FSPMI Bogor yang jumlahnya sedikit tapi cukup membuat daya tarik tersendiri bagi mereka. Dari berbagai obrolan dengan beberapa perusahaan yang belum masuk ke FSPMI (sebelumnya) mereka mengatakan alasan tersebut :

  1. FSPMI militan, kompak dan bersatu dalam memperjuangkan kesejahteraan buruh.
  2. Perangkat organisasi FSMPI (PC, DPW, DPP) sangat peduli dengan PUK-nya.
  3. Perangkat organisasi akan memandu, mengawal, dan mendampingi di saat PUK bermasalah, menghadapi kasus bahkan sampai timbul aksipun perangkat akan turun memberi motivasi dan semangat kepada angota dan PUK yang sedang aksi. Praktis di setiap aksi jarang yang melanggar UU dan prosedur. Hal ini sangat berbeda dengan serikat buruh yang lain. PC jarang turun ke lapangan jadi gak tahu permasalahan, tahu-tahu PUK melakukan aksi dan aksinya melanggar UU yang berlaku.
  4. Perangkat organisasi benar-benar memperjuangkan nasib anggotanya, tidak bisa disuap. Beda dengan perangkat lain yang pengurus PC nya malah mempunyai yayasan outsourching. Pasti saja jika ada kasus masalah buruh kontrak yang minta diangkat karyawan pengusaha akan menang karena didukung oleh perangkat organisasinya.
  5. Pada saat aksi walaupun turun sound system dan panggung, berjoged mengikuti lagu-lagu mars dan perjuangan FSPMI, aksi selalu akan tertib dan terkoordinasi dengan baik. Satuan Garda Metal siap mengamankan setiap aksi baik skala pabrik atau aksi gabungan. Pada aksi FIM 2012 ada satu anggota yang pro dengan perusahaan pun mereka ucap salut terhadap Garda Metal.
  6. Satu perusahaan yang melakukan aksi, perusahaan lain yang tergabung FSPMI akan datang menunjukkan solidaritas memberikan support moril maupun materii. Garda Metalpun akan turun dengan otomatis bahkan akan bertambah jika situasi menghendaki dalam jumlah banyak.
  7. Setiap aksi yang dijalankan FSPMI banyak yang berhasil. Contoh aksi FIM 2012, Panasonic 2010 dan 2012. Dari sinilah momentum awal kebangkitan FSPMI Bogor dimulai.
  8. FSPMI Membuktikan dan membumikan arti Solidarity Forever tidak hanya sebagai pepesan kosong tetapi bukti yang nyata.

Dari berbagai aksi dan sepak terjang oleh FSPMI baik di Bogor ataupun skala nasional itu maka timbul ketertarikan perusahaan2 di wilayah Bogor untuk masuk ke FSPMI. Disamping masalah internal PC2 federasi PUK perusahaan tersebut dan juga masalah internal perusahaan yang tak terselesaikan sedangkan mengharap campur tangan perangkat atasnya nggak turun-turun. Itulah beberapa alasan mengapa mereka masuk FSPMI?

Dan sekarang terbentuklah FBBB (Forum Buruh Bogor Bersatu) yang dikomandani oleh orang-orang FSPMI dan KSPI militan yang merasa prihatin dengan kondisi UMK di Bogor yang sangat rendah. Semoga kehadiran FBBB ini mampu mendongkrak UMK tahun 2013. Dan mampu menunjukkan eksistensi, solidaritas dan militannya seperti BBB bekasi (Buruh Bekasi Bergerak). Semoga Forum Buruh Bogor Bersatu berhasil memperjuangkan hak-hak buruh yang layak dengan dukungan Garda Metal yang juga sudah mulai terbentuk dan bergerak melaksanakan PO Garda Metal untuk mengawal setiap aksi dan setiap perjuangan buruh.

Hidup buruh!

Solidarity forever

http://www.fspmi.org

http://www.imfmetal.org

http://gardametal.blogspot.com/

http://ptsii.blogspot.com/

http://www.facebook.com/group.php?gid=297442094403&ref=ts

http://www.facebook.com/group.php?gid=215699805376&ref=ts

http://wikisopo.wordpress.com  

http://abm2006.multiply.com/reviews/item/14

http://puktoshiba.wordpress.com/contact-us/

 http://garmet.weebly.com/profile.html

About these ads

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

One Response to Forum Buruh Bogor Bersatu (FBBB)

  1. Ahmad Alfian says:

    Selamat malam…. saya mau kasih sedikit info,di jalan raya parung-bogor ada pabrik garment PT . J,yg membayar upah karyawannya hanya dengan uang makan saja,tidak bisa dibayangkan jam kerjanya 8-9jam sehari,hanya mengandalkan uang makan yang tidak seberapa. usulan karyawan yang menuntut UMR,tidak di dengarkan…sepengetahuan saya semua itu karna pimpinan perusahaan tersebut merasa aman memperbudak karyawannya karna merasa tidak di awasi pihak DepNaKer dan Assosiasi Buruh. demikian mudah-mudahan info dari saya ini bisa menjadi sorotan dan membantu saudara-saudara para buruh…Merdeka..!!

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: