Tips Menghadapi MigraineTerdahsyat


Setiap kali saya berpanas-panas dengan matahari yang terik di siang hari, misalnya saya melakukan perjalanan dan berjemur di terminal beberapa saat. Maka pada malam harinya saya akan mengalami mimisan ( keluar darah dari hidung ) pada saat saya tidur. Hal ini sering terjadi ketika saya sudah kerja di sebuah pabrik yang jarang kena panas matahri dan jarang olah raga. Padahal dulu sewaktu dikampung seharian berpanasan di sawahpun jarang sekali mengalami mimisan.

Seiring dengan kejadian seringnya mimisan tersebut saya juga mengalami migraine (pusing / sakit kepala sebelah). Saya tidak tahu apa korelasi antara mimisan, migraine, olah raga dan terik matahari. Untuk menghilangkan / meredakan sakit migraine yang saya derita saya mengkonsumsi obat sakit kepala bo***. Bahkan karna migraine sering mengganggu konsentrasi, saya selalu sedia obat sakit kepala dalam jumlah yang banyak. Sekali beli satu pack berisi 3 papan (36 tablet).

Karena serangan migraine yang saya alami cukup lama, kemudian saya berfikir,”Selalu menggunakan obat itu tidak bagus untuk kesehatan, masak migraine ini tidak bisa disembuhkan?”. Saya kemudian konsultasi dengan dokter. Saya sampaikan keluhan dan saya hubungkan dengan seringnya saya mengalami mimisan itu. Beberapa dokter saya datangi tetapi belum ada jawaban yang memuaskan menurut saya. Salah satu dokter hanya menyarankan saya untuk mengguyur rambut setiap mandi. Dan hal ini sudah saya lakukan tetapi kurang memberikan efek yang signifikan.

Akhirnya dari saran-saran dokter dan dari analisa saya terhadap migraine yang saya alami, saya melakukan langkah-langkah sebagai berikut, dan hasilnya lumayan bro. Kelihatannya point no 6 yang sangat berpengaruh. Alhamdulilah setelah menjalankan ke-6 point ini migraine saya perlahan-lahan reda dan hilang sama sekali.

  1. Potong rambut cepak. Bahkan saya selalu potong rambut rata 1 cm atau 0.5 cm. Kalau cewek mungkin nggak terlalu pas ya..?
  2. Mengguyur rambut setiap kali mandi. Menurut saya hal ini bertujuan untuk mendapatkan efek segar dan fresh di kulit kepala terutama di pagi hari.
  3.  Melakukan olah raga. Mengeluarkan keringat dan zat-zat tak berguna di dalam tubuh dan memfungsikan organ tubuh secara optimal adalah beberapa manfaat olah raga. Dengan olah raga peredaran darah juga akan lebih lancar. Olah raga selalu menjadi jawaban dari berbagai masalah kesehatan.
  4. Hindarkan stress.
  5. Kurangi makanan berkolesterol tinggi, sate kambing, emping, soto betawi, soto babat dll.
  6. Stop konsumsi obat sakit kepala ( jika tidak terlalu parah / membutuhkan). Yang sering terjadi di antara kita adalah pusing sedikit, kita buru-buru minum obat, dikit-dikit minum obat. Sehingga kecanduan dan memberikan efek yang lain yang kita tidak tahu. Inilah yang saya hindarkan.
  7. Bekam di kepala. Kalau ada waktu dan kesempatan boleh anda coba bekam di kepala. Bekam di kepala untuk migraine belum saya lakukan tetapi bekam untuk leher dan pundak kaku sudah saya lakukan dan hasilnya sangat bermanfaat. Hal ini akan saya bahas pada tulisan selanjutnya di migraine terdahsyat…

Migraine Terdahsyat

Setelah sembuh dari migraine selama bertahun-tahun kembali saya mengalami sakit yang luar biasa seperti migraine. Sakit di kepala itu rasanya (cenat-cenut / seperti sedutan / kedutan. Jawa : red) berada di bagian kepala sebelah kiri. Setiap hampir 2-3 menit rasa sakit itu datang, rasanya sangat menyakitkan sekali. Karena rasa sakit cenat-cenut di kepala itu terasa berada tepat di bawah kulit kepala. Bahkan rasa-rasanya tekanan cenat-cenut itu hendak keluar dari kulit kepala. Rasanya bisa anda bayangkan seperti disuntik obat deteksi alergi obat yaitu di suntik di bawah jaringan kulit. Subhanallah..Allahu Akbar.

Hampir 3 hari saya biarkan dan hanya minum obat sakit kepala saja dan itupun tidak meredakan rasa sakitnya. Malah saya ada acara perjalanan jauh dari Bogor ke jawa untuk mudik. Di kampung dan selama perjalanan sakit itu terus datang menyerang. Karna sudah nggak tahan saya pergi ke klinik untuk berobat. Dua hari obat itu saya makan tidak memberikan efek sama sekali. Akhirnya berdasarkan analisa saya dan kakak saya yang kebetulan juga pulang akhirnya saya putuskan untuk pergi ke tukang urut / tukang pijit di tetangga kecamatan.

Alhamdulilah, walhasil setelah saya dan kakak sampai di tempat tukang pijit saya langsung di tangani oleh pak Sardiman. Walaupun tuna netra pak Sardiman sangat cekatan, sistematis dan tepat dalam memijit. Dan akhirnya dalam waktu 15-20 menit saya sudah tertidur pulas, selebihnya saya dipijit dan di bolak balik badanya oleh pak Sardiman sambil mata merem. Pak Sardiman waktu itu memijit mulai dari ujung jari kaki, telapak kaki, tumit, betis, paha, pantat, pinggang, pungung sampai akhirnya seluruh kepala dan telinga tak luput dari pijitan pak Sardiman.

Namun yang aneh saya perhatikan adalah ketika dipijit seluruh badan hanya bagian kiri tubuh saya yang mengalami sakit nyeri, dari kaki, pungung, tangan, dada, kepala dan kuping sebelah kiri rasanya sakit. Selesai saya dipijit saya langsung senderan tidur di ruang tunggu menunggu kakak saya yang juga dipijit dan saya tetap dalam keadaan tidur karena badan terasa nyaman. Praktis saya tidur 45 menit selama dipijit dan 1 jam selama menunggu kakak dipijit. Bahkan sampai perjalanan pulang naik motorpun saya masih terkantuk-kantuk. Dugaan sementara penyebab migraine terdahsyat ini adalah kelelahan fisik, psikis, stress, peredaran darah tidak lancar, dan otot kaku dan tegang.

Tips Untuk Migraine Terdahsyat

  1. Kenali tubuh anda. Tumbuhkan kepekaan dan kepedulian pada diri anda. Review  untuk menduga dan memastikan apa penyebab dan apa yang terjadi di dalam tubuh anda. Coba diroso-roso opo sing kroso (jawa:red) coba rasakan apa yang terasa, tujuannya untuk menentukan tindakan penyembuhan yang akan diambil.
  2. Jika kasusnya seperti saya diatas ada sebaiknya anda mencari tukang pijit yang bagus. Tips : hati-hati juga dalam mencari tukang pijit. Karna tidak semua tukang pijit bagus. Bisa-bisa sakit yang anda derita tidak kunjung sembuh. Ingat, sakit yang sama bisa disebabkan oleh sesuatu yang berbeda sehingga penanganannya pun akan berbeda.
  3. Lakukan olah raga dengan teratur. Yang perlu dicatat, lakukan olah raga dan sesuaikan dengan fisik anda.
  4. Hilangkan stress. Buatlah anda ceria menikmati hidup ini dengan selalu bersyukur kepada Tuhan Allah SWT. Serahkan masalah kepada yang maha mencipta, ketika jalan penyelesaian terasa buntu. Biarkan permasalahan mengalir dengan sendirinya seperti air selebihnya bertawakal kepada Allah SWT setelah anda sudah berusaha dengan maksimal.
  5. Konsumsi makanan yang sehat, perbanyak buah dan sayuran.
  6. Lakukan bekam basah kepada ahlinya. Bekam menurut saya efektif membuang gumpalan darah kotor yang mengganggu peredaran darah. Dulu saya sering tegang dan kaku di sekitar pundak, leher dan betis. Tetapi setelah saya bekam keluhan tersebut bisa teratasi. Alangkah baiknya kalau bisa bekam 1 tahun sekali menurut saya akan lebih baik. Mengingat waktu itu saya bekam sekali tetapi manfaatnya bisa dirasakan selama lebih dari 1 tahun.
About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

