Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim


Indonesia dengan dua musimnya, bukan berarti tak menimbulkan masalah. Tapi tak mengapa, karena kita orang lahir, tinggal dan besar di negeri ini, jadi kita harus pandai-pandai menyikapi cuaca di sekitar kita. Menurut orang luar bule sono iklim kita yang tropis, udaranya nyaman, segar dan menghangatkan badan. Aslinya mah gak gitu-gitu banget sih…apalagi sekarang cuaca sudah tidak bisa diprediksi dengan tepat, akibat explorasi pemenuhan hidup manusia sehingga munculah perubahan iklim dunia termasuk Indonesia. Contoh kecilnya, saya dulu ke puncak  (sekitar pasar Cipanas) pada sore dan menjelang malam udara masih dingin apalagi pada malam harinya saya bisa buang air 3-5 kali. Tetapi sekitar 3 tahun kemudian saya kembali pada lokasi yang sama udara sudah mulai hangat cenderung panas. Bahkan pada malam harinyapun aku nggak pake selimut bro…bahkan sampai berkeringat walau tidak berasa gerah-gerah banget.

Nah, apalagi saya yang sekarang tinggal di kota hujan ( Bogor), nggak musim kemarau nggak musim penghujan, tiba2 di tengah hari bisa turun hujan. Walau pada kenyataanya musim waktu itu adalah musim kemarau. Makanya kalau sampai ada musim kemarau yang agak panjang orang2 tempat saya tinggal sudah mulai kebingungan dengan air sumurnya dan mengeluh dengan cuaca panasnya. Kata orang yang tinggal di wilayah citeureup-Bogor dan sekitarnya hujan bisa terus-terusan dalam sehari kalau nggak hujan cuacanya ceudeung : mendung berawan dan kadang-kadang hujan rintik-rintik. Hal ini membuat udara jadi dingin nggak panas.

Namun kalau kita cermati bro..cuaca tropis kita sekarang ini cenderung ekstrim juga. Kadang pada saat musim kemarau dengan terik matahari yang menyengat tiba-tiba hujan sangat lebat turun. Kadang pada saat sedang hujan tiba-tiba matahari memancarkan sinar keemasannya. Kalau sudah hujan nggak berhenti-berhenti udara sudah pasti akan sangat dingin untuk kita apalagi di malam hari. Sama juga ketika sudah kemarau panjang berminggu panas siang hari terik menyengat, kalau malam hari gerah nggak kira-kira. Baru pada saat dini hari udara dingin datang menusuk tulang. Dari cerita di atas ada 3 hal yang perlu diperhatikan, sebagai kata kuncinya adalah :

  1. Perubahan cuaca yang ekstrim
  2. Cuaca panas / kemarau
  3. Cuaca dingin / penghujan.

A. Menghadapi Perubahan Cuaca Ekstrim. Bagi saya atau mungkin anda dan orang Indonesia, perubahan iklim/cuaca yang ekstrim akan cepat menimbulkan penyakit batuk, pilek, masuk angin dan flu. Maka dari itu sediakan dirumah anda obat-obat yang mungkin diperlukan dari beberapa gejala yang bisa terjadi. Ini dia persiapan yang diperlukan :

  • Sediakan Obat seperti : obat flu, obat batuk pilek, tolak angin, obat sakit kepala.
  • Tetap lakukan olah raga. Tetapi ketika badan sudah terasa terserang flu misalnya, sebaiknya jangan memaksakan untuk berolahraga.
  • Jangan begadang malam. (apalagi anak kecil, cepat sekali terserang batuk basah ).
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

B. Menghadapi Cuaca Panas / kemarau. Cuaca panas pun bisa menimbulkan efek bagi kita orang Indonesia. Maka kita harus pintar-pintar membaca situasi. Langkah-langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • Sediakan obat seperti : Obat panas dalam, obat sakit kepala, obat flu, obat batuk pilek, tolak angin.
  • Kurangi konsumsi makanan berminyak semisal gorengan.
  • Kurangi makanan bersantan semisal opor ayam, gulai, rendang.
  • Kurangi minuman dengan es dan air dingin dari kulkas. Lebih baik minum air suhu normal atau air hangat lebih menyehatkan.
  • Usahakan jangan merokok atau kurangi rokok.
  • Jangan begadang malam. Karena bisa membuat badan lungkrah, meriang, demam dan masuk angin.
  • Jika menggunakan kipas angin di dalam rumah, usahakan jangan terlalu lama. Penggunaan exhaust fan sangat dianjurkan dari pada kipas angin
  • Penggunaan AC sangat dianjurkan di musim kemarau yang panas.
  • Tetap lakukan olah raga dan konsumsi makanan sehat dan bergizi.
  • Bagi yang berkendaraan motor jarak jauh, selalu gunakan masker hidung dan helm full face.

C. Menghadapi Cuaca Dingin/penghujan. Ada beberapa persiapan mengahadapi cuaca dingin yang dapat kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan Obat seperti : obat flu, obat batuk pilek, tolak angin, obat sakit kepala.
  • Gunakan pakaian yang tebal dan hangat.
  • Gunakan alas kaki yang khusus di dalam rumah
  • Matikan kipas angin dan AC, cukup nyalakan exhaust fan saja bila ada.
  • Minumlah minuman hangat, bila perut tak bermasalah minuman jahe sangat nikmat.
  • Pada beberapa orang cuaca dingin membuat perut mules. Jadi sediakan obat mules seperti tai pin san cap kupu-kupu ( maaf bukan promo).
  • Tetap lakukan olah raga dan konsumsi makanan sehat dan bergizi.
  • Bagi yang berkendaraan motor sediakan selalu jas hujan. jas hujan berguna untuk meminimalkan efek dingin air hujan ke tubuh kita dan mengamankan beberapa benda berharga milik kita semisal HP agar nggak kena air hujan.
  • Mandi air hangat bila udara dingin cukup ekstrim. Mandi air hangat juga berguna untuk menghangatkan badan dan mengurangi efek mules perut.
About these ads

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: