Terapi Stip-Kejang-Panas Tinggi Pada Anak


Selain tips-tips yang sudah saya tulis disini  (Cara Tepat Menangani Panas tinggi-Kejang-Stip Pada Anak), saya akan menambahkan artikel tentang terapi anak stip-kejang-panas tinggi pada anak. Tips ini sebenarnya hanya informasi dari mulut ke mulut yang asalnya dari teman-teman, handai taulan dan kerabat. Namun karena frekwensinya yang sering dan dari banyak orang maka aku anggap ini sebagai petuah orang tua yang telah berpengalaman dengan hidup. Dan hal-hal yang berasal dari orang tua saya yakini biasanya mendekati kebenaran. Contohnya : orang tua menasehati saya atau kita pada saat istri hamil jangan pernah menggaruk badan dengan tangan, garuklah dengan sisir atau konde. Nah broo..waktu istri hamil anak pertama, saya menggaruk paha bagian atas (pangkal paha ) dengan kuku tangan hasilnya apa ?  bekas garukan pangkal paha berbekas seperti luka bekas cakaran, untuk pemulihan perlu waktu yang lama bahkan tidak sesempurna seperti sedia kala. Kejadian inipun dialami oleh istri di bagian paha juga.

Setelah kejadian itu saya baru berfikir, “ O ini dia kenapa orang tua selalu menasehatiku begini”. Ternyata ada hal-hal yang tidak diketahui oleh kita yang pernah dialami orangtua dan itu dipesankan kepada kita melalui bahasa yang sederhana. Kalau kita ahli kesehatan atau dokter mungkin akan bisa mencerna kejadian berbekasnya garukan tangan saaat istri hamil. Berhubung saya tidak mengetahui alasan secara medis jadi saya mengambil pesan yang terkandung di dalamnya secara moral saja, dengarkan dan lakukan nasehat orang tua (selama nasehat itu tentang kebaikan).

Ok bro, kita kembali ke topik semula terapi anak stip-kejang-panas tinggi pada anak. Sama halnya dengan cerita berbekasnya garukan di badan saat istri hamil, terapi ini juga merupakan petuah dan nasehat dari orang tua kepada anaknya atau kita yang lebih muda. Hal ini pun aku terapkan kepada anakku si sulung Abil bahkan sampai sekarang. Untuk mengatasi dan mencegah stip-kejang-panas tinggi pada anak menurut nasehat orang tua adalah :

“ Berikan minuman kopi pada anak yang mengalami stip-kejang-panas tinggi”

Secara medis saya tidak bisa menjelaskan pengaruh kopi pada anak yang mengalami stip. Tetapi secara nalar ada beberapa hal yang aku tangkap dari saran ini :

  1. Sugesti kepada kita agar kita punya niat, selalu berusaha dan tenang menghadapi kondisi anak yang mengalami stip serta harapan agar si anak cepat sembuh.
  2. Sugesti pada anak pada saat memberikan kopi,” Nak minumlah kopi ini agar badanmu kuat dan sehat tidak gampang sakit, bahkan panas badan sekalipun jangan pernah mengalahkanmu”.
  3. Salah satu manfaat kopi adalah mencegah penyakit saraf, satu hal yang mungkin bisa terjadi dan yang ditakutkan dari stip adalah gangguan saraf. Lebih lanjut klik http://merahitam.com/6-manfaat-kopi-untuk-kesehatan.html
  4. Menurut pengalamanku dan banyak orang kopi bisa menahan rasa kantuk yang berarti meningkatkan stamina dan metabolisme tubuh menjadi lebih baik sehingga bisa menahan kantuk. Stamina yang baik juga sangat bermanfaat bagi anak yang mengalami stip.

Untuk dosis pemberian kopi pada anak stip bro..tidak ada ukuran yang pasti. Tetapi orang sering bilang :

  1. Berikan satu sendok setiap pagi dan sore.
  2. Ada yang bilang berikan pada saat kita lagi ngopi aja jangan sering-sering juga.
  3. Tapi juga ada yang bilang sering-sering berikan kopi sesendok-sesendok mah?
  4. Tergantung umurnya kalau sudah diatas 3-4 tahun ¼ atau 1/5  gelas kopi nggak apa-apa.
  5. Seiring bertambahnya umur stip tidak akan terjadi di usia anak diatas 5 tahun. Alhamdulillah si Abil sudah umur 5 tahun 9 hari (saat posting) semoga engkau selalu sehat nak..

Demikian bro terapi alternatif untuk anak stip. Yang jelas tetap jaga kesehatan anak dan lakukan langkah antisipasi seperti yang saya jelaskan disini. Terapi ini hanyalah langkah tambahan agar anda dan anak anda tersugesti untuk bisa sembuh dan bisa bertahan dari peyakit yang diderita si anak.

lihat juga artikel terkait :

http://wikisopo.wordpress.com/2012/01/26/cara-tepat-menangani-panas-tinggi-kejang-stip-pada-anak/

About these ads

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: