Contoh PKB


PKB adalah perjanjian kerja bersama antara perusahaan dan serikat pekerja untuk mengatur hubungan industrial pancasila yang baik, agar tercipta kenyamanan, keharmonisan dan produktifitas. Perjanjian tersebut harus mengacu kepada UU naker yang ada. Idealnya PKB lebih baik dari UU yang berlaku sekurang-kurangnya harus sama nilainya dengan UU yang berlaku.

PKB bisa memuat apa yang dimuat dalam UU dan bisa menambahkan peraturan sesuai kebutuhan & kondisi yang ada di masing-masing perusahaan. Banyak atau sering serikat pekerja yang baru atau lama, karena kurang jam terbang, pengalaman dan kurang gaul sehingga agak susah dalam menyusun ataupun merevisi PKB yang ada agar isi PKB lebih baik dari yang sudah ada.

Atas dasar tersebut saya ingin berbagi, di bawah ada contoh PKB dr beberapa perusahaan yang bisa dipelajari dan diambil sisi-sisi baiknya, untuk diterapkan di perusahaan anda.

Contoh PKB Ia dan Ib: Dari sisi penulisan dan penyusunan kalimat sangat jelas dan detail. Point plus-nya adalah adanya pasal perhitungan lembur yang pada saat libur mingguan dan libur hari raya dan cuti bersama, sanksi SP yang mempengaruhi penilaian, tunjangan 4 group, pasal keluh kesah, pedoman pemberian sanksi yang jelas, dan PHK karena sakit, cacat dan kecelakaan nilainya 4 kali PMTK. Kelemahannya menurut saya nilai pengobantannya masih kecil, tidak ada perhitungan bonus dan THR.

Contoh PKB 2 : Ini adalah draf full dr PKB yang akan direvisi untuk memperbaiki isinya. Kelemahannya susunan kalimatnya kurang jelas dan kurang detail, tidak adanya pasal-pasal seperti keluh kesah, sanksi, perhitungan lembur libur lebaran dan insentifnya. Ada perhitungan bonus dan THR tp kurang jelas. Kelebihannya adanya pensiun dengan nilai 2 kali PMTK. Contoh ini juga dilengkapi hasil draf revisi kelompok kerja (pokja) PUK FSPMI untuk diajukan ke perundingan. sayangnya sampai sekarang mandeg, stag sudah hampir 3 tahun bro…

Nih filenya bro…tinggal di donlod…

Contoh PKB 1a(honoris-prysman)

Contoh PKB 1b

Contoh PKB 2

About these ads

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: