Haid & Wanita Muslim


 

Sebenarnya Bro, artikel ini hasil browsing dengan 3 judul yaitu :

  1. Hati-Hati Gangguan Haid Pada Wanita
  2. MENSTRUASI LAMA
  3. Haid lama lebih dari 2 minggu


Dapat anda baca selengkapnya dibawah. Artikel ini saya cari ketika Mama “Yang “ (istriku) sering mengalami haid yang lama lebih dari 2 minggu, agar saya tahu dan bisa memberi tahu hukummya bagi wanita muslim. Ok selamat membaca semoga ada manfaatnya..ya..

1. Hati-Hati Gangguan Haid Pada Wanita

Informasi selengkapnya…

Gangguan haid seringkali terjadi pada sebagian wanita. Haid bisa datang dua kali dalam sebulan, namun di bulan-bulan berikutnya tidak haid.Dapat juga haid normal namun menderita sakit yang luar biasa. Padahal seharusnya haid datang tanpa mengganggu.

Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina. Selaput lendir yang lepas tersebut akan diubah oleh zat yang terkandung di dalamnya menjadi lendir. Pembuluh darah di bagian dasarpun akan terkelupas sehingga terbuka, dan darah mengalir ke luar. Kadang-kadang karena sesuatu, selaput lendir belum sempurna menjadi lendir karena misalnya selaput lendir yang terlalu tebal, sehingga darah haid yang keluar akan bergumpal-gumpal. Setelah haid selesai, akan tumbuh selaput lendir baru yang akan terus berkembang hingga mencapai tingkat ketebalan tertentu. Haid akan berlangsung selama beberapa hari, berhenti selama beberapa minggu, dan kembali lagi seterusnya sampai wanita mengalami menopause.

Siklus haid yang normal adalah jika seorang wanita memiliki jarak haid yang setiap bulannya relatif tetap yaitu selama 28 hari. Jika meleset pun, perbedaan waktunya juga tidak terlalu jauh berbeda, tetap pada kisaran 20 hingga 35 hari , dihitung dari hari pertama haid sampai bulan berikutnya. Lama haid dilihat dari dasah keluar sampai bersih, antara 2 – 10 hari. Darah yang keluar dalam waktu sehari belum dapat dikatakan sebagai haid. Namun bila telah lebih dari 10 hari, dapat dikategorikan sebagai ganguan. Jumlah darah haid yang lkeluar perhari adlah 60 – 80 cc, atau tidak lebih dari 5 pembalut yang terisi penuh.

Ketidakteraturan siklus haid disebabkan karena gangguan hormon dalam tubuh. Atau bisa juga terjadi karena penyakit di dalam organ reproduksi, contohnya tumor rahim, tumor di indung telur. Selain itu gangguan haid disebabkan juga karena faktor lainnya seperti stres, kelelahan,dan penggunaan kontrasepsi.

Tingkat kesuburan seorang wanita dapat dilihat dari ada tidaknya produksi sel telur dalam tubuh. Seorang wanita dikatakan subur jika ia mampu memproduksi sel telur sebulan sekali, mematangkan telur, dan mengeluarkan telur yang masih setengah matang dari indung telur. Pematangan sel telur dan keluarnya sel telur dari indungnya merupakan kerjasama dari otak, indung telur, dan kelenjar buntu di otak yang disebut sebagai hipofisis. Hipofisis mengeluarkan hormone gonadoptropin yang terdiri dari hormon FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone). Hormon FSH memiliki fungsi mempercepat pematangan telur, sedangkan LH menyempurnakan proses pematangan telur hingga dapat mendekati permukaan indung telur untuk dilepas. Jika tidak terjadi pembuahan dalam waktu 24 jam, sel telur ini akan mati.

Setiap gangguan pada hormon FSH dan LH tidak akan menyebabkan terbentuknya sel telur. Jika demikian, hormon estrogen dan progesteron juga tidak akan terbentuk sebagaimana seperti seharusnya.

Siklus haid yang tidak teratur kebanyakan terjadi akibat faktor hormonal. Seorang wanita yang memiliki hormon estrogen dan progesterone secara berlebihan memungkinkan terjadinya haid dalam waktu yang lebih cepat. Jika gangguan haid dikarenakan oleh faktor hormonal, maka dapat dipastikan wanita tersebut mengalami gangguan kesuburan. Dan dapat diatasi dengan suntikan untuk mempercepat pematangan sel telur.

Sumber : DechaCare.com API

2. MENSTRUASI LAMA

Pertanyaan :
Dear mommies, apalagi mom dokters..

Kira-kira apa [aja] sih yang bisa bikin menstruasi jadi lama? Saya mens sudah 3 minggu lebih belum beres juga. Nggak banyak sih memang, sedikit sedikit. Tapi lama.

Mom D di Amrik

Dear mommies…

Wah kalo bicara masalah menstruasi dan permasalahannya secara medis agak2 njelimet sebetulnya, banyak banget istilah dan tetek bengeknya :-). Sebelum jawab pertanyaan faktor2 apa aja yang bisa menyebabkan menstruasi jadi lama, sebetulnya harus disepakati dulu, mana menstruasi yang normal dan selama apa yang dianggap tak normal.

Lalu sebetulnya harus jelas juga termasuk kelompok menstruasi abnormal yang mana, supaya nantinya gampang menentukan faktor penyebab. Soalnya menstruasi abnormal ada macem2 istilah, ada menorrhagia, DUB, menometrorhagi, amenorhea dll.

Ada literatur yang bilang mens lebih dari 7 hari dianggap abnormal, ada juga yang bilang lebih dr 2 minggu atau 3 minggu. Kalau aku sih lebih sepakat
lebih dari 2 minggu baru disebut abnormal. Tapi itupun kalau berlangsung selama beberapa waktu, darah mensnya banyak, atau dulunya pernah ada riwayat mens nggak teratur.

Lamanya menstruasi memanjang bisa dimasukkan ke menorrhagia atau DUB (Disfungsi Uterine Bleeding). Tapi sebetulnya, syarat Menorrhagia dan DUB pun
macam2, harus jelas juga jumlah darahnya segimana, siklus mensnya seperti apa, riwayat mensnya dulu gimana dll.

Menorrhagia berarti jumlah darah menstruasi bertambah dan lamanya menstruasi jadi memanjang. Kalau DUB ( ini juga hampir sama ditambah kelainan frequensi mens). Bedanya kalo DUB ini biasanya berhub dengan
anovulatory bleeding (menstruasi tanpa adanya sel telur), dan bukan akibat dari penyakit penyerta yang lain.

Menorrhagia penyebabnya bisa banyak, mulai dari pemasangan IUD, minum obat antikoagulan atau obat anti radang non steroid (Ibuprofen ato aspirin contohnya), bisa juga krn infeksi, kista ovarium, polip endometrium, gangguan hormon, kegemukan, dll.

Wah banyak banget deh n pusing :-). Mungkin yang paling gampang Mom D, liat dari obat2an yang diminum ada ga?. Lalu diliat aja bulan depan kali ya,
kalo udah normal, barangkali memang karena kecape’an aja. Kalo masih memanjang juga lebih baik bawa ke SpOG, pasti pemeriksaannya lebih lengkap n lebih jelas :-).

Gitu aja ya, semoga membantu, maaf lho kalo malah bikin pusing hehe.

Sumber : agnes.ismailfahmi.org

3. Haid lama lebih dari 2 minggu

Hiks2  setelah pake kb, n setahun kemudian aku baru sadar haidku sangat aneh n banyak.

Yups, aku tidak haid sampai kynan umur setahun (*may be efek menyusui). Tapi setelah aku dapat haid, rasanya bingung….. banyaks bgt kek pembunuhan *hiperbola mode on
trus waktunya sangat tidak teratur…. dalam 1 bulan bisa 2 kali dapet, itupun ada yg 2 minggu lebih dalam 1 siklus n nantinya cuma 3 hari.

Karna aku muslim, n aku membaca ttg hukumnya di http://www.eramuslim.com Beberapa ulama berpendapat kalo masa paling lama haid perempuan adalah 15 hari dalam 1 siklus. Jadi nya walau keluar flek sedikit2, aku sudah mandi wajib n solat.

Udah ke dokter kandunganku juga, dicek via usg, katanya iudnya ditempat yg bagus (dirahim pas). n meman siklusnya tidak beratur sampe sekitar 7 bulan pemakaian awal. Pendarahannya pun cukup banyak.

Alhamdulillah sekarang makin teratur, kynan udah hampir 1 thn 6 bulan si
tapi agak anehnya skrg tu darahnya keluar segaris2 trus nggak ada lagi ampe lusa, trus ada lagi segaris…. 3-4 hari kemudian baru keluar lumayan trus banyak. gini ni bikin bingung aku mau solat. jadi dikit2 mandi wajib de …

Ada yg punya pengalaman yg sama moms?

  • berdasarkan hukum islam, setau saya silahkan dicek lagi, maksimal lama haid adalah 14hari setelah itu adalah darah penyakit. jd tettap hrs solat. dan haid berikutnya jatuh pada tanggal biasa haid.

Rata-rata siklus menstruasi perempuan yang normal adalah 21-35 hari. Namun, rata-rata seorang perempuan mengalami siklus 28. Jika kurang dari 21 atau lebih dari 35 hari maka darah yang keluar kemungkinan bukan darah menstruasi. Jadi segera periksakan ke dokter.

Jumlah darah yang keluar antara satu perempuan dengan perempuan lainnya juga berbeda. Rata-rata darah yang dikeluarkan adalah 3-5 sendok atau sekitar 30 – 80 ml darah per siklus menstruasi, dan ini bisa dibilang normal. Lama menstruasi umumnya 3-8 hari. Di luar itu, ada empat jenis siklus menstruasi yang tidak normal:

1. Metrorrhagia, atau menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi Anda mungkin terjadi setiap 3-6 minggu sekali.
2. Oligomenorrhea, arus menstruasi yang amat ringan dan tidak sering terjadi. Pada sebagian perempuan yang mengalami kondisi ini, menstruasi mereka mungkin hanya terjadi 2 kali setahun.
3. Polymoenorrhea, menstruasi yang terjadi lebih sering. Perempuan yang mengalami polymenorrhea mungkin akan menantikan menstruasi mereka setiap 2-3 minggu sekali.
4. Menorrhagia, yaitu pendarahan yang hebat selama menstruasi. Tak jarang hal ini membutuhkan konsultasi dokter dan pengobatan lebih lanjut.

Berbagai tipe siklus menstruasi ini amat dipengaruhi oleh faktor keturunan atau hormonal, pola makan, kebiasaan buruk (minum dan merokok), stres, kurang olah raga, dan kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan. Nah, jika Anda mengalami salah satu dari 4 tipe siklus menstruasi di atas maka segeralah berkonsultasi ke dokter.Rata-rata siklus menstruasi perempuan yang normal adalah 21-35 hari. Namun, rata-rata seorang perempuan mengalami siklus 28. Jika kurang dari 21 atau lebih dari 35 hari maka darah yang keluar kemungkinan bukan darah menstruasi. Jadi segera periksakan ke dokter.

Jumlah darah yang keluar antara satu perempuan dengan perempuan lainnya juga berbeda. Rata-rata darah yang dikeluarkan adalah 3-5 sendok atau sekitar 30 – 80 ml darah per siklus menstruasi, dan ini bisa dibilang normal. Lama menstruasi umumnya 3-8 hari. Di luar itu, ada empat jenis siklus menstruasi yang tidak normal:

1. Metrorrhagia, atau menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi Anda mungkin terjadi setiap 3-6 minggu sekali.
2. Oligomenorrhea, arus menstruasi yang amat ringan dan tidak sering terjadi. Pada sebagian perempuan yang mengalami kondisi ini, menstruasi mereka mungkin hanya terjadi 2 kali setahun.
3. Polymoenorrhea, menstruasi yang terjadi lebih sering. Perempuan yang mengalami polymenorrhea mungkin akan menantikan menstruasi mereka setiap 2-3 minggu sekali.
4. Menorrhagia, yaitu pendarahan yang hebat selama menstruasi. Tak jarang hal ini membutuhkan konsultasi dokter dan pengobatan lebih lanjut.

Berbagai tipe siklus menstruasi ini amat dipengaruhi oleh faktor keturunan atau hormonal, pola makan, kebiasaan buruk (minum dan merokok), stres, kurang olah raga, dan kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan. Nah, jika Anda mengalami salah satu dari 4 tipe siklus menstruasi di atas maka segeralah berkonsultasi ke dokter.

Resource : hari2ku

About these ads

About Abing Manohara
Hi...Assalamu 'alaikum...I like to write, sharing kindliness and science, tips and solution. Hopefully with this blog many charitable and benefit which I can do for the others people. Solidarity forever....

Leave Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: